ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM INDUSTRI JASA RITEL ( Studi Kasus Pasaraya Sri Ratu )

PURNOMO, S. PRABANI S. BUDI (2001) ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM INDUSTRI JASA RITEL ( Studi Kasus Pasaraya Sri Ratu ). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2674Kb

Abstract

ABSTRACT In facing competition which exists in the retail industri in Semarang, consequently the "Pasaraya Sri Ratu" feels it is necesary to carry out organization analysis which can reach a competitive advantage. The resource of the business company forms a prior organisation asset, which can be maximized so that it can compete and achive consumers. To reach competitive advantages through the company resource, in this research therefore, are analyzed some factors which constitute the company resource which is considered to be able to reach competitive advantages such as : (1) Physical Resource, (2) Organization Resource, (3) Human Resource, (4) Service Quality, (5) Company Environment. It is expected that from the five factors analyzed will be able to improve the company employees, who in turns will achieve competitive advantages. In this research, respondents from middle and top management level are taken. They occupy as managers or vice — departements or division in the company organization structure. Samples are taken from some sales center possesed by Pasaraya Sri Ratu which is in Semarang, Pekalongan and Purwokerto, with total respondents 120 persons. This research is analyzed using SEM program ( Structure Equation Modeling) from AMOS 4.0 program. The result of the analysis shows that service quality occupies the first rank in achieving competitive advantages, with standard estimation 0,463, then influenced by the environment with standard estimation 0,372, physical resource standard estimation shows 0,314, and then organization resource shows standard estimation 0,279. The regression rate of the overall estimation standard shows positif towards the achieving of competitive advantages in Pasaraya Sri Ratu. Whereas human resources in this case form a factor which urges to reach succes through the company resource which exist toachieve continuing competitive advantage. ABSTRAKSI Dalam menghadapi persaingan yang ada di industri jasa ritel di Kota Semarang, maka Pasaraya Sri Ratu merasa perlu melakukan analisis organisasi yang dapat mencapai keunggulan bersaing. Sumber daya perusahaan merupakan aset organisasi yang utama, dimana aset tersebut dapat dimaksimalkan sehingga mampu bersaing dan mendapatkan konsumen. Untuk mencapai keunggulan bersaing melalui sumber daya perusahaan, maka dalam penelitian ini dianalisis beberapa faktor yang merupakan sumber daya perusahaan yang dianggap dapat mencapai keunggulan bersaing antara lain : (1) Sumber Daya Fisisk, (2) Sumber Daya Organisasi, (3) Sumber Daya Manusia, (4) Kualitas Pelayanan, (5) Lingkungan Usaha. Dari kelima faktor yang akan dianalisis ini diharapkan mampu meningkatan kinerja perusahaan yang pada gilirannya akan mencapai keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini diambil responden dari jajaran manajemen tingkat menengeh dan atas, dimana mereka menjabat sebagai pimpinan dan wakil dari depertemen atau divisi dalam struktur organisasi perusahaan. Sampel diambil dari beberapa pusat penjualan milik Pasaraya Sri Ratu yang berada di kota Semarang , Pekalongan dan Purwokerto dengan total responden sebanyak 120 orang Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan program SEM ( Structure Equation Model ) dari program AMOS 4.0. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas pelayanan menduduki peringkat utama dalam mencapai keunggulan bersaing, dengan standart estimasi 0,463, dilanjutkan dengan pengaruh lingkungan dengan standart estimasi 0,372, sumber daya fisik dengan standart estimasi 0,314 dan selanjutnya sumber daya organisasi dengan standart estimasi 0,279. Angka Regresi dari standart estimasi seluruhnya positif terhadap pencapaian keunggulan bersaing di Pasataya Sri Ratu. Sedangkan sumber daya manusia dalam hal ini merupakan suatu faktor yang mendorong tercapainya sukses melalui sumber daya perusahaan yang ada sehingga mencapai keunggulan bersaing yang lestari.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10641
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:14 May 2010 10:10
Last Modified:14 May 2010 10:10

Repository Staff Only: item control page