ANALISIS PENGARUH KUSTOMISASI DAN PENGGUNAAN KEMBALI SUATU PRODUK DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN DIFERENSIASIF PERUSAHAAN Studi Kasus pada Industri Perakitan Komputer di Kota Semarang

Astuti, Dyah Pertiwining (2005) ANALISIS PENGARUH KUSTOMISASI DAN PENGGUNAAN KEMBALI SUATU PRODUK DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN DIFERENSIASIF PERUSAHAAN Studi Kasus pada Industri Perakitan Komputer di Kota Semarang. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3129Kb

Abstract

The purpose of this research is to analyze the influence among customization and reusability concept to the flexibility and differential advantage of a company. The differential advantage, itself will finally make a good marketing performance. Today, there is competition among computer companies to create a product that is suited to customer's need accompanied by a competitive price. The capability to create a competitive price will be reached by the company if they apply a good reusability concept. Sample taken by purposive sampling method. The observation is done in Semarang. Characteristics that are applied to take a sample are educational background, the number of employee, income rate and working experience. There are 105 computer companies as the respondents. The technique, which is used to analyze the data, is Structural Equation Modeling. The analytical data has a theoretical implication result as follow; customization and reusability concept positively influence the company flexibility. Flexibility positively influence the differential advantage and the differential advantage, itself positively influence the marketing performance of a company. The managerial implication is that flexibility can be reached if the companies utilize a flexible performance like creating a reusable product with a competitive price and creating a product that is suited to customer's need. If the companies can make a qualified flexibility they will get a differential advantage and marketing performance. Predictability, competitive advantage, social resource, and organizational capability are the variables that are not included in here, as a result it can be adjusted in the future research. The future research can be applied in a different location with a more various number of samples. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang terjadi antara konsep kustomisasi, konsep reusability (penggunaan kembali sutau produk) terhadap kemampuan fleksibilitas perusahaan dalam menciptakan keunggulan diferensiasi yang pada akhirnya dapat mencapai kinerja pemasaran yang handal. Saat ini, perusahaan perakitan komputer berlomba—lomba dalam memuaskan keinginan konsumen. Salah satunya adalah dengan menciptakan produk yang sesuai keinginan konsumen atau menerapkan konsep kustomisasi dan dengan harga bersaing. Kemampuan untuk menciptakan produk dengan harga bersaing dapat diterapkan dengan konsep reusability (penggunaan kembali produk lama menjadi produk barn) yang relatif menghasilkan produk komputer dengan harga lebih terjangkau. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di kota Semarang. Karakteristik yang menunjang metode ini adalah tingkat pendidikan, jumlah tenaga kerja, tingkat pendapatan dan lama usaha. Responden penelitian adalah para pengusaha perakitan komputer di Kota Semarang dengan jumlah 105 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling. Dari basil analisis data dapat disimpulkan sebuah implikasi teoritis yaitu bahwa konsep kustomisasi dan reusability berpengaruh positif dalam meningkatkan fleksibilitas perusahaan. Fleksibilitas perusahaan tersebut juga dapat meningkatkan keunggulan diferensiasi dan menciptakan kinerja pemasaran yang handal. Implikasi manajerialnya adalah bahwa fleksibilitas perusahaan dapat tercapai apabila perusahaan bersikap lentur mengikuti perkembangan komputer seperti halnya menciptakan produk dam ulang dengan harga lebih terjangkau atau menerapkan konsep reusability dan memenuhi keinginan konsumen dan menerapkan konsep kustomisasi. Bila perusahaan dapat menciptakan fleksibilitas yang tinggi maka perusahaan dapat meraih keunggulan diferensiasi dan kinerja pemasaran. Variabel prediktabilitas, keungulan bersaing, sumber daya sosial dan kapabilitas organisasional sebagai variabel-variabel yang tidal( disertakan oleh peneliti dapat menjadi agenda penelitian mendatang. Penelitian yang akan datang dapat diterapkan di lokasi penelitian lain di luar Semarang dengan jumlah sampel yang lebih banyak dan beragam.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10640
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 May 2010 10:05
Last Modified:14 May 2010 10:05

Repository Staff Only: item control page