ICHAMIDAH, NUR (2004) ANALISIS PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KREATIVITAS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Perusahaan Kerajinan Keramik di Sentra Industri Kasongan, Kab. Bantu], Yogyakarta). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2708Kb |
Abstract
Competition has force firms to make innovation and adaptation marketing strategies to increase market performance. This study try to answer research gap between environment factor, product innovation, creativity in marketing strategies to increase market performance. To answer the question on this study, the author develops a research model from literature review. The model has jive hypothesis with Jour variables: environment factor, product innovation, creativity in marketing strategies, and market performance. Data analysis to 100 respondent from handcraft in Kasongan Yogyakarta is done using Structural Equation Modeling as analysis toll on AMOS 4.01 program. Result of data analysis showed that all hypothesis can be received. Thus, it can be concluded that market performance can be influenced by three factors: environment factor, product innovation, and creativity in marketing strategies. In the end, this study also relates the result to theoritical implications and policy implication for management describes in the conclusion section. The limitation and agenda for the further study can be used as reference by further researcher. Persaingan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan pada saat ini memaksa perusahaan untuk selalu melalcukan inovasi produk dan penyesuaian strategi pemasaran guna meningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian ini berupaya untuk menjawab permasalahan mengenai perbedaan pendapat tit pentingnya faktor lingkungan, inovasi produk, dan kreativitas strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Dalam rangka menjawab permasalahan tersebut, maka dikembangkanlah sebuah model penelitian yang dibentuk dari berbagai telaah pustaka. Model penelitian ini terdiri dari lima buah hipotesis dengan empat variabel yaitu faktor lingkungan, inovasi produk, kreatifitas strategi pemasaran, dan kinerja pemasaran. Analisis data terhadap 100 responden perusahaan kerajinan keramik di Kasongan Yogyakarta dilakukan dengan alat analisis Structural Equation Modeling pada program AMOS 4.01. Basil analisis data membuktikan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja pemasaran dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu faktor lingkungan, inovasi produk, dan kreatifitas strategi pemasaran. Pada akhirnya, penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi kebijakan yang dikemukakan pada bab kesimpulan. Beberapa keterbata can penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan bagi pars peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10619 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 14 May 2010 09:10 |
Last Modified: | 14 May 2010 09:10 |
Repository Staff Only: item control page