ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi pada Industri Kecil Kuningan di Kecamatan Juana Kabupaten Pali lawa Tengah)

SUSENO, SIGIT BAYU (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi pada Industri Kecil Kuningan di Kecamatan Juana Kabupaten Pali lawa Tengah). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2463Kb

Abstract

Capability to produce a successful product represent is necessary for a company to adapt with market change, technology and competition. According to that mentioned, an innovated product which offers to the market by company, like product of brass crafting, not earned yet to reach optimal performance.This Research to check through the problems how product innovation influenced by factor - factor consumer orientation, competitor orientation, and technological orientation in effort to improve marketing performance. Model which raised in this research aim to to test influence consumer orientation, competitor orientation, and technological orientation to product innovation and also relation between product innovation to make-up of marketing performance. Research Obyek that used is small Industry of brass in District Of Juana Sub-Province Pati Central Java. Amount of sampel is 105 from overall of brass industrial worker. Data analyzer which used is Structural Equation Modelling (SEM) at program of AMOS 4.01. Result of data analysis indicate that research model have according to (goodness of fit) and result of research can be proved. The conclusion that can be taken are consumer orientation, competitor orientation and technological orientation have a positive effect to product innovation, and also product innovation have a positive effect to marketing performance. From the result, also supported by former researcher journals. Based on result of research, managerial implication can be taken that product innovation represent factor absolutly have an effect to improve of marketing performance. Limitation of research is usage of very limited research variable, later then research obyek which only taking small brass Industry in District Of Juana Sub-Province Pali, Central Java. Future research agenda come better use another variables or enhance complete indicator at variable - research variable and test research model in other small industry, goodness in one type or is immeasurable industrial type. Kemampuan untuk menghasilkan produk yang sukses merupakan hal penting bagi perusahaan untuk dapat menyesuaikan din dengan perubahan pasar, teknologi dan kompetisi. Berkenaan dengan hal tersebut, inovasi suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan, seperti produk kerajinan kuningan, belum dapat mencapai kinerja yang optimal. Penelitian ini meneliti permasalahan bagaimana inovasi produk dipengaruhi oleh faktor — faktor orientasi konsumen, orientasi pesaing, dan orientasi teknologi dalam usaha meningkatkan kinerja pemasaran. Model yang diajukan dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi konsumen, orientasi pesaing dan orientasi teknologi terhadap inovasi produk. Serta hubungan antara inovasi produk terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Obyek penelitian yang digunakan adalah Industri kecil kuningan di Kecamatan Juana Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jumlah sampel adalah 105 dari keseluruhan pengrajin industri kuningan. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Basil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian yang balk (goodness of fit) dan basil penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah orientasi konsumen, orientasi pesaing dan orientasi teknologi berpengaruh positif terhadap inovasi produk, serta inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Dan i basil tersebut, didukung juga oleh jurnal — jurnal peneliti terdahulu. Berdasarkan basil penelitian dapat diambil implikasi manajerial bahwa inovasi produk merupakan falctor yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Keterbatasan penelitian adalah penggunaan variabel penelitian yang sangat terbatas, kemudian obyek penelitian yang hanya mengambil Industri kecil kuningan di Kecamatan Juana Kabupaten Pati Jawa Tengah. Agenda penelitian mendatang sebaiknya menggunakan variabel yang lain atau menambahkan indikator yang lengkap pada variabel — variabel penelitian dan menguji model penelitian pada industri kecil lainnya, baik dalam satu jenis atau beragam jenis industri.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10616
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 May 2010 08:17
Last Modified:14 May 2010 08:17

Repository Staff Only: item control page