Analisis Faktor-Faktor Orientasi Pasar Yang Mempengaruhi Kualitas Layanan dan Relevansinya Terhadap Kinerja Perusahaan ( Studi Empiris Pada PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia III Cabang Wilayah Jawa Tengah )

PRIBADIYANTO, NUR (2004) Analisis Faktor-Faktor Orientasi Pasar Yang Mempengaruhi Kualitas Layanan dan Relevansinya Terhadap Kinerja Perusahaan ( Studi Empiris Pada PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia III Cabang Wilayah Jawa Tengah ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2425Kb

Abstract

The primary objectives of this reseach is to analyze er model marketing planing quality and organization system influence to market orientation, to analyze market orientation to influence services quality, and to analyze services quality to influence firm performance. Moreover the model of this reseach develoved in five variables are : marketing planing quality, organization system, market orientation, services quality, and firm performance The data colected to 115 repondents of supervisor employee level of Analyze PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia Ill Branch of Central Java ( Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang, Tegal Port, and Tanjung Intan Port Cilacap ) analyzed by tool with Structural Equation Modelling (SEM) AMOS 4.01 program Based on the result of this research, showed that all hypothesis are accepted. The result of data analysis showed that marketing planing quality and organization system have a significant influence to market orientation. The result also showed that market orientation has a significant influence to services quality. This reseach also showed that services quality has positive influence to firm performance . This reseach to conduct the result of this reseach with teotitic implication and managerial implication. The insufficient and future reseach can based the reseacher to future time continued. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan kualitas perencanaan pemasaran dan sistem organisasi yang berpengaruh terhadap orientasi pasar, menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kualitas layanan, dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kinerja perusahaan. Oleh karena itu model penelitian yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel, yaitu : peranan kualitas perencanaan pemasaran, sistem organisasi, orientasi pasar, kualitas layanan, dan kinerja perusahaan. Analisis data terhadap 115 responden, karyawan level supervisor di lingkungan PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia HI Cabang Wilayah Jawa Tengah (Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang, Pelabuhan Tegal, dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap ) diuji dengan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM) dalam program AMOS 4.01. Hasil analisis data menunjukan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini dapat dibuktikan. Hasil analisis data menunjukan bahwa kualitas perencanaan pemasaran dan sistem organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap orientasi pasar. Hasil analisis data juga menunjukan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kualitas layanan. Penelitian ini juga memperliltatican bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi manajerial. Keterbatasan dan agenda penelitian mendatang dijadikan acuan bagi para peneliti selanjutnya di waktu yang akan datang.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10588
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 14:37
Last Modified:12 May 2010 14:37

Repository Staff Only: item control page