SARI, GALUH MUSTIKA (2009) ANALISIS KEPUASAN PERAWAT BAGIAN RAWAT INAP TERHADAP PENERAPAN JASA PELAYANAN SEBELUM DIBERLAKUKAN KEBIJAKAN REMUNERASI DI RSUD KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 28Kb |
Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id
Abstract
Berubahnya status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Kota Semarang menjadi Badan Layanan Umum (BLU),memaksa pihak rumah sakit menerapkan sistem remunerasi sebagai salah satu syarat administratif. Sebagian besar perawat saat ini tidak puas dengan jasa pelayanan yang diterima. Dengan adanya remunerasi diharapkan bisa mengurangi rasa ketidakpuasan perawat terhadap jasa pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan perawat kompensasi jasa pelayanan perawat diruang rawat inap sebelum penerapan remunerasi RSUD Kota Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian Cross sectional yang bersifat kuantitatif secara deskriptif dilanjutkan dengan studi analisis kualitatif melalui wawancara mendalam. subjek penelitian 51 responden studi kuantitatif dan 8 orang responden pelaksana dan 3 oarang responden dari manajemen dan juga sebagai trianggulasi. Tiga orang informan trianggulasi yaitu direktur, anggota tim penyusun dan ketua komite keperawatan. Analisis data dilakukan dengan Content Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 76,5% tidak puas terhadap administrasi bayaran, 68,6% responden tidak puas terhadap tingkat bayaran, 51% responden tidak puas terhadap keadilan bayaran, 78,4% responden tidak puas terhadap kebijakan organisasi dalam pemberian jasa pelayanan. Hal tersebut dikuatkan dengan wawancara mendalam kepada 8 responden yang mana mereka sangat tidak puas dengan administrasi terutama dalam waktu pembayaran , yang sering tidak tepat waktu, selain itu dalam tingkat bayaran mereka merasa nilai nominal yang diberikan masih terlalu kecil. Sedangkan dalam keadilan bayaran mereka menginginkan adanya kesamaan jumlah nominal dengan organisasi lain yang sama dengan mereka. dalam hal kebijakan organisasi kurangnya transparasi dan sosialisasi terhadap jasa pelayanan. hal tersebut berbeda dengan hasil tranggulasi bahwa manajemen sudah melakukan transparasi dan sosialisasi. Keterlambatan waktu pemberian diakui sebagai masalah yang belum bisa diatasi. Mengenai keadilan, jasa pelayanan merupakan hasil kebijakan organisasi yang tidak bisa di standarisasi. Ketepatan waktu pemberian jasa pelayanan merupakan hal yang sangat mempengaruhi kepuasan perawat terhadap jasa pelayanan. Disarankan agar meningkatkan administrasi terutama ketepatan waktu dalam pemberian jasa pelayanan. Kata Kunci: Kepuasan, Remunerasi, perawat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 10585 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 12 May 2010 14:27 |
Last Modified: | 12 May 2010 14:27 |
Repository Staff Only: item control page