Adipoetra, Wilhelmina (2004) UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN DENGAN KONSEP MARKETING STRATEGY MAKING PROCESS MELALUI KREATIVITAS STRATEGI DAN PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 4Mb |
Abstract
Creativity of strategy and organizational learning represent the alternative from excellence competition had by company as asset able to improve the marketing performance. Strategy creativity had by company can assist the company to peep out the new idea in each planning compilation, peculiarly in compiling marketing strategy. This strategy creativity is supported by factors such as reward which passed to a marketing manager, performance of marketing manager as individual, and performance of marketing manager as working team that exist in company. That way also by improving organizational learning continuously, company quickly can anticipate the change that happened around company through the strategy which application. And with the mechanism expected by a company can improve the its market performance. Internal issue formulation this research is how to improve the marketing performance by developing concept of marketing strategy making through the creativity of strategy and organizational learning. This research aim to make the alternative in the effort improving marketing performance with the development conception the marketing strategy making through the creativity of strategy and organizational learning where reward, individual performance, and performance of working team as variables supporting strategy creativity. This research used population of hotel star in Central Java and Special Region of Yogyakarta amounting to 127 hotel with the its population element that is marketing manager. Sampling technique used is area sampling. Amount of responder determined as sample research is 100 people. Analysis technique weared to interpret and analyse the data in this research with the technique of Structural Equation Model (SEM) from AMOS software package. From data analysis obtained by result where model raised in this research is acceptable, it is shown by index according to where value chi-square 162,742, probability value 0,447, value of TLI 0,998 and value of CFI 0,998, all have up to standard although value of GFI 0,874 and value of AGFI 0,835 marginally accepted. Result of hypothesis examination obtained that reward, individual performance, and performance of working team have an effect on positive to acceptable creativity. This matter is shown by value of Critical Ratio (C.R) to the each hypothesis more than 2,00. Besides hypothesis expressing creativity have an effect on positive to study of organisasional and study organisasional have an effect on positive to acceptable marketing performance also shown by the value of C.R which also more than 2,00. While strategy creativity have an effect on positive to marketing performance is not accepted in this research shown by the value of C.R which is less than 2,00. Kreativitas strategi dan pembelajaran organisasional merupakan alternatif dari keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan sebagai aset yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Kreativitas strategi yang dimiliki oleh perusahaan dapat membantu perusahaan untuk memunculkan ide-ide barn dalam setiap penyusunan perencanaan secara khusus dalam menyusun strategi pemasaran. Kreativitas strategi ini didukung oleh faktor-faktor seperti reward yang diberikan kepada manajer pemasaran, kinerja manajer pemasaran sebagai individu, dan kinerja manajer pemasaran sebagai tim kerja yang ada pada perusahaan. Demikian pula dengan meningkatkan pembelajaran organisasional secara terus-menerus, perusahaan secara cepat dapat mengantisipasi perubahan¬perubahan yang tedadi di sekitar perusahaan melalui strategi-strategi yang diaplikasikan. Dan dengan mekanisme tersebut diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja pasarnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja pemasaran dengan mengembangkan konsep marketing strategy making melalui kreativitas strategi dan pembelajaran organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alternatif dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran dengan pengembangan konsep marketing strategy making melalui krativitas strategi dan pembelajaran organisasional dimana reward, kinerja individu, dan kinerja tim kerja sebagai variabel-variabel yang mendukung kreativitas strategi. Penelitian ini digunakan populasi hotel-hotel berbintang di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 128 hotel dengan elemen populasinya yaitu manajer pemasaran. Teknik sampling yang digunakan adalah area sampling. Jumlah responden yang ditentukan sebagai sampel penelitian adalah 100 orang. Teknik analisis yang dipakai untuk menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik Structural Equation Model (SEM) dari paket software AMOS. Dari analisis data diperoleh hasil dimana model yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima yang ditunjukkan oleh indeks kesesuaian dimana nilai chi-square 162,742, nilai probabilitas 0,447, nilai TLI 0,998 dan nilai CFI 0,998, yang semuanya telah memenuhi syarat walaupun nilai GFI 0,874 dan nilai AGFI 0,835 diterima secara marjinal. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa reward, kinerja individu, dan kinerja tim kerja berpengaruh positif terhadap kreativitas dapat diterima. Hal ini ditunjukkan oleh nilai C.R untuk masing-masing hipotesis lebih besar dad 2,00. Selain itu hipotesis yang menyatakan kreativitas berpengaruh positif terhadap pembelajaran organisasional dan pembelajaran organisasional berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran juga dapat diterima yang ditunjukkan dengan nilai C.R yang juga lebih besar dari 2,00. Sedangkan kreativitas strategi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran tidak diterima dalam penelitian ini yang ditunjukkan dengan nilai C.R yang lebih kecil dari 2,00.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10582 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 12 May 2010 14:12 |
Last Modified: | 12 May 2010 14:12 |
Repository Staff Only: item control page