PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI SEPUTAR SEASONED EQUITY OFFERINGS (STUDI EMPIRIS DI BURSA EFEK JAKARTA)

Wibisono, Haris (2004) PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DI SEPUTAR SEASONED EQUITY OFFERINGS (STUDI EMPIRIS DI BURSA EFEK JAKARTA). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2804Kb

Abstract

Perusahaan public dapat melalcukan penawaran ekuitas tambahan melalui Seasoned Equity Offerings (SE0). Besarnya akumulasi dana melalui penawaran ini tergantung dad analisis investor mengenai prospek perusahaan di masa depan. Salah satu alat analisis investor ini adalah laporan keuangan. Tetapi laporan keuangan yang berbasis akrual mempunyai kelemahan, karena melibatkan banyak estimasi dan perkiraan. Kelemahan ini mendorong manajemen melakukan manajemen laba agar penawaran sahamnya direspon secara positif oleh pasar. Manajer berusaha memperbaiki kinerja perusahaarmya dengan melakukan income increasing metalui discretionary accruals. Namun upaya ini tidak dapat dilanjutkan pada periode pasca SEO, sehingga akan terjadi penurunan kinerja perusahaan pasca SEO. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan bukti empiris bahwa perusahaan melakukan manajemen laba di seputar SEO, (2) menemukan bukti empiris bahwa perusahaan mengalami penurunan kinerja perusahaan pasca SEO, dan (3) menemukan bukti empiris bahwa penurunan kinerja perusahaan pasca SE0 dipengaruhi oleh manajemen laba di seputar SEO. Penelitian ini menggunakan data perusahaan yang melakukan SEO selama kurun waktu 1995-1999. Sampel yang dig-unakan sebanyak 30 perusahaan, dari 39 perusahaan yang melakukan SEQ. Periode pengamatan dalam penelitian ini 7 tahun, yaitu tiga tahun sebelum penawaran, periode penawaran, dan tiga tahun pasca penawaran. Penelitian ini menggunakan modified Jones model untuk menghitung discretionary accruals sebagai proksi manajemen laba. Kineija pemsahaan dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu kinerja keuangan dan kinerja saham, yang diukur sebagai rasio laba bersih per penjualan bersih dan return saham. Agar temuan lebih lcuat penelitian ini menggunakan model matched-pair design yaitu membandingkan sampel issuer dengan perusahaan yang tidak melakukan SEQ. Penelitian ini menemukan bulcti bahwa manajer melakukan manajemen laba menjelang SEO, terjadi penurunan lcinerja keuangan pasca SEO dan penurunan kinerja keuangan pasca SEO dipengaruhi oleh manajemen laba menjelang SEQ. Penelitian ini juga mampu membuktikan penurunan kinerja saham pasca SE0 dipengaruhi oleh manajemen laba menjelang SEO, tetapi penelitian tidak mampu membuktikan secara signifikan terjadi penurunan kinerja saham pasca SEQ. Public company can offer additional equity through Seasoned Equity Offerings (SEO). Level of fund accumulation through this offer is depended from investor analysis about the prospect of the company in the future. One of the equipment investor analyzer is financial statement. But financial statement being based on accruals have weakness, because it is involving much estimation. This weakness motivates the management does earnings management in order to response the stock offer by the market positively. The manager try to improve his company performance by doing income increasing through discretionary accruals. But it can't be continued on the post-SE0 period, so in this period there will be performance decreasing. This research proposes: (1) to find out empirical evidence that company does earnings management around SEO, (2) to find out empirical evidence that company have decreasing performance post-SEO, and (3) to find out empirical evidence that performance decreasing post-SE° is influenced by earnings management around SE0 This research uses the companies data doing SE0 during 1995-1999. The sample of this is used 30 company from 39 company doing SEO. The period of observation is 7 years, that is three years before the offer, one year the offer, and three years of post the offer. This study using modified Jones Model to calculate discretionary accruals as earnings management proxy. Company performance in this research is differentiated becomes two kind, they are monetary performance and stock performance, measured as net profit ratio per net sales and stock return. In order to make stronger, this research uses matched-pair design models that is comparing issuer and non-issuer samples. This research finds the evidence that the manager does earnings management before SEO, there is decreasing a financial performance post SE° and decreasing of financial performance post SE0 influenced by earnings management before SEO. This research also can prove the decreasing of stock performance post SE° influenced by earnings management before SEO, but it's not able to prove that there is a decreasing stock performance post SE° significantly.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Accounting
ID Code:10575
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 13:30
Last Modified:12 May 2010 13:30

Repository Staff Only: item control page