YUANANTARA, IGP ARYA (2003) ANALISIS PENGARUH TAKTIK PEMASARAN TERHADAP KINERJA DENGAN LINGKUNGAN BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA INDUSTRI HOTEL DI EX-KARESIDENAN PATI. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2052Kb |
Abstract
Previous study has found that environment variable has affected to business performance because environment is an uncontrolled external variable. This study trying to explain low bed occupancy rate in hotel industry, from marketing tactic used, existing environment and hotel performance. This research is reexamined the effect of Miles & Snow adaptive strategy on hotel performance in ex-Karesidenan Pati with business environment as moderating variabel. The population of this research is hotel industry in ex-Karesidenan Pati which is consist of 81 star and non star hotel and using hotel manager or hotel owner as respondent. The answers analyzed with linear regression test, and residual test The result indicated that there is a relationship of marketing tactic to hotel performance are significantly positive. Using residual test it is indicated that environment variable is not a moderating variable. Penelitian sebelumnya telah banyak menemukan bahwa variabel lingkungan merupakan variabel eloctemal yang tidak dapat dikendalikan dan sangat berpengaruh terhadap kinerja suatu usaha. Dengan kondisi tingkat hunian kamar yang rendah pada industri jasa hotel di ex-Karesidenan Pati, maka dirasakan perlu keterkaitan hubungan antara taktik pemasaran yang digunakan, pengaruh lingkungan hotel dan kinerja hotel yang dihasilkan. Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi adaptif Miles & Snow dalam penjabarannya sebagai taktik pemasaran pada industri hotel di ex-karesidenan Pati terhadap kinerja hotel dengan lingkungan bisnis sebagai variabel moderator. Populasi penelitian ini adalah industri hotel di ex-Karesidenan Pati yang terdiri dari 81 hotel kategori bintang dan melati dan menggunakan pars manajer maupun pemilik hotel sebagai responden penelitian. Jawaban yang diberikan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear, dan uji residual. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara taktik pemasaran terhadap kinerja hotel. Dengan menggunakan uji residual temyata lingkungan bukan merupakan variabel moderating.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10568 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 12 May 2010 13:10 |
Last Modified: | 12 May 2010 13:10 |
Repository Staff Only: item control page