ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, TEKNOLOGI DAN LINGKUNGAN MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Sebuah studi kasus pada industri jasa perbankan di Semarang dan Salatiga)

DIOSDAD, ARNOL (2003) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, TEKNOLOGI DAN LINGKUNGAN MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Sebuah studi kasus pada industri jasa perbankan di Semarang dan Salatiga). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3054Kb

Abstract

This research empirically tests direct influence of company culture to competitive advantage through marketing performance, as have done some previous researcher, with difference sample location and instrument measurement. The primary data of this research was received from opinion or perception of marketing manager filling and returning list of questionnaires to researcher. Data collected with survey mail, distributed to 364 managers marketing of banking in Semarang and Salatiga. 112 (32,5%) questionnaires which return, but only 100 competent to be analyzed by using SEM and SPSS 11.0. The results of this research, indicate that, Competitive advantage from a company can reach with managing company culture This research analyzed cultural influence of company to Competitive advantage. As a whole, finding in this research show that company culture have a positive and s1ignificant effects to competitive advantage. Penelitian ini secara empiris menguji pengaruh langsung budaya perusahaan terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja pemasaran, seperti yang dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya, dengan perbedaan pada lokasi sampel dan instrument yang digunakan dalam pengukuran budaya perusahaan. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari pendapat atau persepsi manajer pemasaran yang mengisi dan mengembalikan daftar kuesioner kepada peneliti. Data dikumpulkan dengan mail survey, yang didistribusikan ke 364 manajer pemasaran perbangkan di kota Semarang dan Salatiga. 112 (32,5%) kuisioner yang kembali, tetapi hanya 100 yang layak untuk dianalisis dengan teknik multivariat SEM yang dibantu program AMOS 4.01 dan SPSS 11.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Keunggulan bersaing dari suatu perusahaan dapat dicapai dengan mengelola budaya perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruh budaya perusahaan terhadap keunggulan bersaing.. Secara keseluruhan, temuan yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan terdapat bukti yang signifikan bahwa budaya perusahaan berpengaruh secara positif terhadap keunggulan bersaing.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10560
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 12:49
Last Modified:12 May 2010 12:49

Repository Staff Only: item control page