ANALISIS PENGARUI HARGA KOMPETIT1F DAN ADAPTASI PRODUK TERHADAP KEUNGGGULAN BERSAING UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN EKSPOR (Kasus pada Perusahaan Mebel Ekspor Di Jepara)

Sundiyo, Sundiyo (2003) ANALISIS PENGARUI HARGA KOMPETIT1F DAN ADAPTASI PRODUK TERHADAP KEUNGGGULAN BERSAING UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN EKSPOR (Kasus pada Perusahaan Mebel Ekspor Di Jepara). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1972Kb

Abstract

Every company have a purpose to realize growth and continuity of its life in the long term. In global era which marked by its emulation that getting sharp and more complex also by its high rate of acceleration, company claimed to have ability of development of strategy choice in marketing management by adapting with dynamic environment. That fact indicates that market has to be managed with systematic efforts to yield optimal marketing performance, and one of those effort identified as price competitiveness. This research early from a condition of where performance of export marketing of wood furniture in Sub-Province of Jepara has a tend to degradating during period 1998 up to 2001. Pursuant to empirical data which obtained from Deperindagkop Jepara, known that export value and export volume for the commodity of wood furniture in Sub-Province of Jepara have downhill tendency whereas amount of export target state and amount of exporter are increasing. So that research of variables having an effect on to performance marketing of exporting require to be conducted, because it concerned about the degradation of performance marketing of exporting at wood furniture commodity in Sub-Province of Jepara in period to come, on the chance of earning is immediately brought an action against by prevention pursuant to result of research. This study have been conducted to 82 company by taking location in Sub- Province of Jepara. By taken responder as sampel that is company of furniture which located in Sub-Province of Jepara, which in admission of filling the questionaire is deputized by marketing manager or production manager. The analyzing tool used is multiple regression analysis and simple regression analysis with the assistance of SPSS 10 program. In- general result of this research for first equation is that variable excellence to compete is positive and significantly influenced by product adaptation variable and competitive price variable. So that company priority of policy shall be pointed to product adaptation variable, company management side has to following the market progress and getting sensitive to any change that happened around the market especially related to furniture product. While for second equation got that variable excellence to compete has a positive and significantly influence to variable performance of export marketing. The influence indicate that at the time when the excellence to compete having experience to mount, the perfomiance of export marketing has also experience of improvement. The improvement can be done by adding product uniqueness and also improve excellence of expense, so that product have high competitiveness in export market with unique physical form and cheap price. Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mewujudkan pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya untuk jangka panjang. Dalam era global yang ditandai dengan semakin tajam dan kompleksnya persaingan serta tingkat akselerasi yang tinggi, perusahaan dituntut untuk memiliki kemampuan pengembangan pilihan strategi di bidang manajemen pemasaran dengan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Melihat kenyataan itu pasar harus dikelola dengan upaya-upaya yang sistematis untuk menghasilkan kinerja pemasaran yang optimal, dan dimana salah satunya melalui harga kompetitif Penelitian ini diawali dan sebuah kondisi dimana kinerja pemasaran ekspor mebel kayu di Kabupaten Jepara yang mengalanni kecenderungan untuk terus menurun selama periode 1998 sampai dengan 2001. Berdasarkan data empiris yang diperoleh dad Deperindagkop Jepara, diketahui bahwa nilai ekspor dan volume ekspor untuk komoditi mebel kayu di Kabupaten Jepara memiliki kecenderungan menurun sementara jumlah negara tujuan ekspor dan jumlah eksportirnya justru mengalami kenaikan. Sehingga penelitian atas variabel-variabel yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran ekspor perlu dilakukan, karena dikhawatirkan terjadi penurunan kinerja pemasaran ekspor pada komoditi mebel kayu di Kabupaten Jepara di masa mendatang, dengan harapan dapat segera diambil tindakan pencegahan berdasarkan basil penelitian tersebut. Studi telah dilakukan terhadap 82 perusahaan dengan mengambil lokasi di Kabupaten Jepara. Dengan responden yang diambil sebagai sampel adalah perusahaan mebel yang berlokasi usaha di Kabupaten Jepara, yang dalam pengisian kuesioner diwakili oleh manajer pemasaran atau manajer produksi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 10. Secara umum hasil dari penelitian ini pada persamaan pertama variabel keunggulan bersaing secara berurutan dipengaruhi secant positif dan signifikan oleh variabel adaptasi produk dan variabel harga kompetitif Sehingga perusahaan hendaknya memprioritaskan kebijakannya pada variabel adaptasi produk, pihak manajemen perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan pasar dan peka terhadap perubahan yang terjadi disekitamya terutama yang berkaitan dengan produk mebel. Sedangkan untuk persamaan yang kedua didapatkan bahwa variabel keunggulan bersaing tersebut berpengaruh secara positif dan signitikan terhadap variabel kinerja pemasaran ekspor. Pengaruh tersebut menunjukkan bahwa pada saat keunggulan bersaing mengalami peningkatan maka kinerja pemasaran ekspor juga akan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan menambah keunikan produk serta mcningkatkan keunggulan biaya, sehingga produk memiliki days saing yang tinggi di pasar ekspor dengan bentuk fisik yang unik dan harga yang murah.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10554
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 12:28
Last Modified:12 May 2010 12:28

Repository Staff Only: item control page