ANALISIS KINERJA PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN Studi Kasus di Divisi Pengelolaan Bisnis Kartu Bank BNI

WULANDARI, V.TRI (2003) ANALISIS KINERJA PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN Studi Kasus di Divisi Pengelolaan Bisnis Kartu Bank BNI. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3431Kb

Abstract

In a full competitive market, companies should be able to achieve good performances in order to compete well against their competitors. One of the important factors determining the performance of company is the marketing performance. Marketing performance will be good if it is supported by good selling, in this case it needed market orientation and promotion strategy that well programmed. The company performance is an instrument that use to develop a sustainable competitive advantage. This study tries to find out whether marketing performance influence sustainable competitive advantage, and how the influence market orientation and promotion strategy to the marketing performance and sustainable competitive advantage, and also the influence of market orientation to the promotion strategy. The data which is used in this research is a primary data from 110 responden of Managers dan Managers Staff in Card Centre Division PT. Bank BNI. The method for analysis used for this study was Structural Equation Model (SEM). By using the outliers test calculation for the basic, known that there is no z-score value that is greater than ± 3,00, so there is no univariate outliers in this analysed data. Data normality test which is using th 2,58 critical ratio ini 1% signification rat; shows that we can not find any prove of unnormal data. From the calculaton of the Structural Equation Model, the model in this research is acceptable and used to determine that, the marketing performance is positively influence to sustainable competitive advantage, market orientation and promotion strategy are positively influence to marketing performance and sustainable competitive advantage and market orientation is positively influence to promotion strategy, because the criterian measurement result of goodness of fit index which covered as follows : 56,525 chi-square value; 0,187 probabilty value; 1,178 CMIN/DF value; 0,924 GFI value; 0,876 AGFI value; 0,979 TLI value; 0,985 CFI value and 0,040 RMSEA value. Meanwhile, from 1 until 6 hypoteteses test result wing 5% signification rate with CR value ± 1,96 each as follows Hypoteses 1 CR = 2,118; Hypoteses 2 CR = 2,876; Hypoteses 3 CR = 4,474; Hypoteses 4 CR = 3,020; Hypoteses 5 CR = 2,511; Hypoteses 6 CR = 2,060. Pada kondisi pasar yang penuh dengan persaingan, perusahaan dituntut untuk dapat menghasilkan kinerja yang balk agar dapat bersaing dan bertahan melawan pesaingnya. Salah satu falctor yang berperan penting dalam membangun kinerja perusahaan adalah kinerja pemasaran. Kinerja pemasaran akan menjadi balk apabila didukung oleh penjualan yang balk, dalam hal ini perlunya orientasi pasar dan strategi promosi yang terprogram balk. Kinerja pemasaran yang diperoleh pada suatu saat dapat dipandang sebagai prestasi jangka pendek perusahaan. Tinggi rendahnya tingkat kinerja perusahaan merupakan instrumen untuk mengembangkan keunggulan bersaing berkelanjutan. Penehrian ini menguji apakah kinerja pemasaran berpengaruh terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan, bagaimana pengaruh orienutsi pasar dan strategi promosi terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan serta bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap strategi promosi. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari 110 responden Manajer dan Pembantu Manajer di Divisi Pengelolaan Bisnis Kartu Bank BNI. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Model). Berdasarkan basil komputasi uji outliers dapat diketahui bahwa tidak ada nilai z-score yang leblh besar dari ± 3,00, Jadi tidak ada univariate outliers dalam data yang dianalisis ini. Uji normalitas data yang dilakukan dengan menggunakan critical ratio sebesar ± 2,58 pada taraf signifakansi 1%, menunjukkan tidak ditemukan bukti-bukti data tidak normal. Dad hasil perhitungan dengan SEM tersebut, maka model pada penelitian ini dapat diterima dan menunjukkan bahwa kinerja pemasaran berpengaruh positif pada keunggulan bersaing berkelanjutan, orientasi pasar dan strategi promosi berpengaruh positif pada kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan, orientasi pasar berpengaruh positif pada strategi promosi, karena hasil pengukuran pada goodness of fit index terpenuhi yang meliputi Chi-square 56,525; probablity 0,187; indeks CMIN/DF 1,178; GFI 0,924; AGFI 0,876; TLI 0,979; CFI 0,985; RMSEA 0,040. Sementara itu dari basil uji Hipotesis 1 sampai dengan 6 diperoleh CR ± 1,96 dengan taraf signifikansi 5% masing-masing sebagai berikut Hipotesis 1 CR = 2,118; Hipotesis 2 CR = 2,876; Hipotesis 3 CR = 4,474; Hipotesis 4 CR = 3,020; Hipotesis 5 CR = 2,511, Hipotesis 6 CR = 2,060.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10552
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 12:20
Last Modified:12 May 2010 12:20

Repository Staff Only: item control page