ANALISIS PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS PROGRAM PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL Studi Empiris Pada Usaha Kecil Industri Kerajinan Keramik, di Sentra Kasongan, Kabupaten. Bantul

Santoso, Elizabeth (2003) ANALISIS PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS PROGRAM PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL Studi Empiris Pada Usaha Kecil Industri Kerajinan Keramik, di Sentra Kasongan, Kabupaten. Bantul. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2697Kb

Abstract

This research analyzes how leader ability, firm ability and environment factor influence innovation, and the influence of innovation and marketing creativity program to marketing performance in ceramic small enterprises in Sentra Kasongan, Bantu! regency, Yogyakarta. The research uses 150 respondents and Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01 (Analysis of Moment Structure) as data analysis technique to test hypotheses. The result of data computation shows that level of education is the most significant factor influencing leader ability followed by cosmopolitanism factor. Sales exchange rate is the most significant factor influencing firm ability followed by R & D expertise. Leader and firm ability are dominantly influence innovation followed by environment factor that influenced dominantly by environment change. Innovation is the most dominant factor influencing marketing performance followed by marketing creativity program. The most dominant factor of innovation is new product creation, while the most dominant factor of marketing creativity program is steadiness to take risk. Penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh kemampuan pimpinan, kemampuan perusahaan dan faktor lingkungan terhadap inovasi, dan pengaruh dari inovasi dan kreativitas program pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada usaha kecil pembuatan kerajinan keramik di Sentra Kasongan, Kabupaten Bantu!, Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan sampel 150 responden, dan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah dengan teknik analisis data Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS 4.01 (Analysis of Moment Structure). Hasil komputasi data menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh paling dominan terhadap kemampuan pimpinan diikuti oleh faktor cosmopolitanism. Kemampuan perusahaan dipengaruhi paling dominan oleh tingkat pergantian sales diikuti oleh faktor keahlian R&D. Kemampuan pimpinan dan kemampuan perusahaan inilah yang berpengaruh dominan terhadap inovasi, diikuti oleh faktor lingkungan yang dipengaruhi paling dominan oleh perubahan lingkungan. Inovasi yang paling dominan mempengaruhi kinerja pemasaran, diikuti oleh kreativitas program pemasaran. Faktor paling dominan dari inovasi adalah penciptaan produk baru, sedangkan yang paling dominan dari kreativitas, program pemasaran adalah kesediaan menanggung resiko.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10547
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 12:03
Last Modified:12 May 2010 12:03

Repository Staff Only: item control page