PENGARUH IDENTIFIKASI PESAING TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN KINERJA PEMASARAN DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Pada ?erusahaan Mebel Skala Sedang di Kabupaten Jepara)

ISMARTANTO, IGNATIUS DARU (2003) PENGARUH IDENTIFIKASI PESAING TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN KINERJA PEMASARAN DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Pada ?erusahaan Mebel Skala Sedang di Kabupaten Jepara). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

This research explains a sustainable competitive advantage that need to be achieved by each company to face the global trend. Lado et al (1992, p: 81) on one hand, stated that sustainable competitive advantage can be achieved by marketing performance. On the other hand, marketing performance is influenced marketing strategy, furthermore marketing strategy for firm is related to sustainable competitive advantage (Narver & Slater, at Ferdinand, 1999, p: 111). This research analyze the effect of identification of competitors on marketing strategy, and marketing performance on sustainable competitive advantage. A model has been developed and four hypotheses have been proposed to meet the research problem through SEM. The result of the research proved that all hypotheses accepted and able to be explained that marketing strategy is significantly affected by identification of competitors, sustainable competitive advantage is significantly affected by marketing performance. The result also proved that sustainable competitive advantage is significantly affected by marketing strategy and marketing performance. The result of this research have theoretical and managerial implications. The managerial implication stated that the managers should try to build a sustainable competitive advantage through the improvement of identification of competitors, marketing strategy and marketing performance. Dalam penelitian ini dijelaskan mengenai adanya perkembangan global yang menuntut setiap perusahaan memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan. Lado et al, (1992, p: 81) menyatakan bahwa keunggulan bersaing berkelanjutan dapat diraih dengan peningkatan kinerja pemasaran. Sedangkan kinerja pemasaran dapat dipengaruhi oleh strategi pemasaran, sementara itu penerapan strategi pemasaran bagi perusahaan akan berdampak positif terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan (Narver & Slater, dalam Ferdinand 1999, p: 111). Penelitian ini ingin menganalisis pengaruh identifikasi pesaing berpengaruh terhadap strategi pemasaran dan kinerja pemasaran pada keunggulan bersaing berkelanjutan. Sebuah model telah dikembangkan dan empat hipotesis telah diajukan untuk menjawab masalah penelitian, melalui pengujian SEM. Dad penelitian yang dilakukan pada para manajer tersebut diperoleh hasil bahwa strategi pemasaran dipengaruhi secara signifikan oleh identifikasi pesaing, kinerja pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan, strategi pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Akir dari penelitian ini disajikan implikasi teoritis dan manajerial. Adapun dalam implikasi manajerial dinyatakan bahwa pihak manajer dapat melakukan usaha-usah; yang sekiranya dapat membangun keunggulan bersaing berkelanjutan melalui identifikasi pesaing, strategi pemasaran dan kinerja pemasaran.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:10543
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 11:44
Last Modified:12 May 2010 11:44

Repository Staff Only: item control page