INGGRIT, INGGRIT (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi pada Industri Batik di Pekalongan). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 2517Kb |
Abstract
Product innovation concepts are raised in this research as it is viewed as a crucial part to contribute companies' success. Researches have shown that many companies face difficulties to increase selling performance. Therefore, research on the concept of product innovation is considered as an important research agenda nowdays. Issues proposed in this research are research gap taken from the previous research. Like wise, both variables and indicators are adapted from research done before. That is, to analyze influence of market orientation to product innovation, influence of learning orientation to product innovation, and influence of product innovation to selling performance as well. In this research, the respondents are populations of batik companies in Kabupaten Pekalongan, Central Java. Purposive sampling technique is used to collect datas by giving questionnaires to 100 respondents. Afterwards, the datas are analyzed by using Structural Equation Model (SEM) through AMOS 4.01 programme. A model has been developed and 3 hypothesis have been formulated to solve problems in this research. The solution of the problems can be reached through SEM test by using AMOS 4.01 computer programme. Results of the research have shown that the influence of market orientation to product innovation, learning orientation to product innovation, and product innovation to selling performance are positive. Implications on managerial policy, training as well as communications have been proposed as a source of idea for companies in managing their marketing. This research also contributes future research as a base for ather researchers to develop it. Konsep inovasi produk diangkat dalam penelitian ini karena dipandang sebagai salah satu bagian yang memiliki peranan penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Oleh karena itu penelitian tentang konsep inovasi produk merupakan salah satu agenda penelitian penting dewasa ini. Permasalahan penelitian yang diajukan pada penelitian ini sepenuhnya merupakan research gap dari penelitian terdahulu. Begitu juga dengan variabel¬variabel serta indikator-indikator dalam penelitian ini merupakan adaptasi dad penelitian terdahulu yaitu menganalisis bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi produk, bagaimana pengaruh orientasi pembelajaran terhadap inovasi produk, serta bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Responden dalam penelitian ini merupakan populasi dari perusahaan-perusahaan batik di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Sedangkan dalam mengumpulkan data digunakan teknik purposive sampling, dengan melakukan penyebaran kuisioner terhadap 100 responden. Selanjutnya data tersebut diolah serta dianalisa dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui program AMOS 4.01. Sebuah model telah dikembangkan serta 3 hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab masalah penelitian ini. Melalui pengujian SEM dengan program komputer AMOS 4.01, semua permasalahan penelitian dapat terjawab. Dimana dari hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi produk adalah positif, pengaruh orientasi pembelajaran terhadap inovasi produk adalah positif, dan pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran adalah positif. Beberapa implikasi kebijakan manajerial termasuk pelatihan dan komunikasi telah diajukan sebagai sumber pemikiran bagi perusahaan dalam mengelola pemasaran. Penelitian ini juga memberikan agenda bagi penelitian yang akan datang, sebagai sumber dasar bagi para peneliti lain untuk mengembangkan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10542 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 12 May 2010 11:40 |
Last Modified: | 12 May 2010 11:40 |
Repository Staff Only: item control page