BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI INSTALASI GERIATRI RUMAH SAKIT DR. KARIADI SEMARANG

ALDILLA L , SANTHI (2008) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI INSTALASI GERIATRI RUMAH SAKIT DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pertambahan penduduk lansia di Indonesia pada tahun 2025 diproyeksikan akan mengalami kenaikan jumlah lansia sebesar 41,4 %. Pelayanan Geriatri didirikan untuk memberikan pelayanan khusus bagi para usia lanjut dengan pelayanan terlengkap dibandingkan dengan rumah sakit lain yang sudah membuka pelayanan tersebut. namun, kelengkapan pelayanan yang ditawarkan oleh Rumah Sakit Dr. Kariadi Semarang, khususnya di instalasi geriatri belum dapat menarik minat masyarakat banyak untuk memanfaatkan pelayanan tersebut, terlihat pada jumlah pengunjung lama dan pengunjung baru yang mengalami perbedaan peningkatan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran beberapa faktor yang berhubungan dengan tingkat pemanfaatan pelayanan rawat jalan di Instalasi Geriatri Rumah Sakit Dr. kariadi Semarang, apakah ada hubungan antara pendidikan, pekerjaan, pendapatan, jaminan kesehatan, pengetahuan, sikap, tingkat kebutuhan, tarif pelayanan, biaya transportasi, dan jarak dengan tingkat pemanfaatan pelayanan rawat jalan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research menggunakan metode survey dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien lanjut usia berumur lebih dari 60 tahun, memiliki keterbatasan fisik, mental, memori, dan komunikasi, dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Analisa menggunakan uji statistik Chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 variabel yang secara statistik berhubungan dengan tingkat pemanfaatan pelayanan kesehatan rawat jalan, yaitu jaminan kesehatan (p-value=0,000) dan pengetahuan (p-value=0,024). Kemudian pada 8 variabel lainnya secara statistik tidak terdapat hubungan bermakna dengan tingkat pemanfaatan pelayanan kesehatan rawat jalan, diantaranya adalah pendidikan (p-value=0,346), pekerjaan (p-value=0,862), pendapatan (p-value=0,982), sikap (p-value=0,242), tingkat kebutuhan (p-value=0,593), tarif pelayanan (p-value=0,174), biaya transportasi (p-value=0,972), dan jarak ke fasilitas pelayan kesehatan (p-value=0,658). Untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan rawat jalan di Instalasi geriatri, perlu ditingkatkan upaya social marketing secara lebih intensif, khususnya pada pelayanan rawat jalan. Kata Kunci: Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan, Geriatri, Rawat Jalan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:10535
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:12 May 2010 11:14
Last Modified:12 May 2010 11:14

Repository Staff Only: item control page