PERBEDAAN DAYA KOMPETISI BERDASARKAN JUMLAH PENGHARGAAN KERJA YANG DIRAIH PADA KARYAWAN BIDANG PEMELIHARAAN PT. PLN UNIT PELAYANAN TRANSMISI REGION JAWA TENGAH DAN DIY (RJTD)

Hanifah, Hanifah (2007) PERBEDAAN DAYA KOMPETISI BERDASARKAN JUMLAH PENGHARGAAN KERJA YANG DIRAIH PADA KARYAWAN BIDANG PEMELIHARAAN PT. PLN UNIT PELAYANAN TRANSMISI REGION JAWA TENGAH DAN DIY (RJTD). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
514Kb

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi saat ini menuntut para pelaku bisnis untuk selalu siap dalam menghadapi perubahan dan tuntutan yang terjadi agar dapat meningkatkan kualitas dengan mempersiapkan karyawan untuk siap menghadapi persaingan yang ketat dan kecepatan perubahan. Pengelolaan sumber daya manusia yang mengarah pada kualitas dapat dilakukan dengan menumbuhkan situasi kompetisi di dalam perusahaan. Kompetisi mampu memunculkan keinginan karyawan untuk berprestasi lebih tinggi melalui harapan untuk berusaha lebih baik dari prestasi yang sebelumnya serta berusaha untuk berprestasi lebih dari karyawan lain. Kompetisi terjadi bila terdapat struktur reward yang jumlahnya terbatas namun jumlah individu atau kelompok yang ingin mendapatkannya lebih banyak. Dalam dunia industri reward yang diperebutkan bisa berupa penghargaan kerja. Penghargaan yang diberikan oleh perusahaan merupakan imbalan yang diberikan oleh perusahaan bukan dalam bentuk uang namun mampu memberikan rangsangan kepada karyawan bekerja dengan maksud mencapai prestasi yang tinggi. Persaingan dalam memperebutkan penghargaan pada akhirnya harus ada pihak yang menang dan yang kalah. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan daya kompetisi pada karyawan bidang pemeliharaan PT.PLN Unit Pelayanan Transmisi Yogyakarta dan Surakarta berdasarkan jumlah penghargaan kerja yang diraih. Subjek penelitian ini adalah 148 karyawan tetap bidang pemeliharaan PT.PLN UPT Yogyakarta dan Surakarta, berusia 21-45 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan metode skala, yaitu skala kompetisi yang terdiri dari 41 aitem ( α = 0,943 ). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Independent Sample t-test dan didapatkan t-hitung adalah 0.899 dengan probabilitas sebesar 0,370 (p>0,05). Kondisi ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kompetisi karyawan PLN UPT Yogyakarta dan Surakarta. Tidak adanya perbedaan menunjukkan bahwa penghargaan kerja tidak terlalu mempengaruhi perbedaan daya kompetisi karyawan PLN UPT Yogyakarta dan Surakarta karena adanya faktor lain yang lebih dominan yang mempengaruhi kompetisi karyawan selain adanya penghargaan kerja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10521
Deposited By:Soetarto
Deposited On:12 May 2010 10:23
Last Modified:12 May 2010 10:23

Repository Staff Only: item control page