HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIS DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA

Putri Pratiwi, Amalia (2009) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIS DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
3676Kb

Abstract

ABSTRAK Amalia Putri Pratiwi M2A005001 Self-regulated learning merupakan dasar kesuksesan belajar, problem solving, transfer belajar, dan kesuksesan akademis secara umum. Self-regulated learning adalah usaha untuk memonitor, meregulasi, dan mengontrol aspek kognisi, motivasi, dan perilaku. Semua proses yang terjadi akan diarahkan dan didorong oleh tujuan serta disesuaikan dengan konteks lingkungan. Self-regulated learning dipengaruhi oleh faktor personal, lingkungan dan perilaku. Interaksi antara faktor personal dan lingkungan dapat menyebabkan munculnya kecemasan akademis pada siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sekolah mewajibkan siswanya untuk memenuhi Kurikulum Nasional dan Internasional dalam jangka waktu yang telah ditentukan, namun tuntutan tersebut tidak diimbangi dengan tersedianya tenaga pengajar yang berkompeten. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademis dengan self-regulated learning pada siswa RSBI. Subjek penelitian adalah siswa RSBI kelas X di SMA Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 96 orang dengan rentang usia 14-16 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling karena sekolah terdiri dari kelas-kelas dan sifatnya homogen. Pengambilan data dilakukan dengan dua skala, yaitu Skala Self-regulated Learning yang dikembangkan sesuai dengan konteks penelitian dari skala Wolter dkk. (2003, h. 8) dan Skala Kecemasan Akademis. Skala Self-regulated Learning terdiri dari 24 aitem, dengan indeks daya beda aitem antara 0,267 sampai dengan 0,507 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,843. Skala Kecemasan Akademis terdiri dari 26 aitem dengan indeks daya beda aitem antara 0,276 sampai dengan 0,634 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,848. Analisis data dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,294 dengan p=0,002 (p<0,05), artinya hipotesis yang menyatakan adanya hubungan negatif kecemasan akademis dengan self-regulated learning dapat diterima. Efektivitas regresi dalam penelitian sebesar 8,6%, artinya self-regulated learning sebesar 8,6% ditentukan oleh kecemasan akademis dan 91,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10519
Deposited By:Soetarto
Deposited On:12 May 2010 10:20
Last Modified:12 May 2010 10:20

Repository Staff Only: item control page