FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGECER MINUMAN PEPSI COLA ( Studi kasus se-karisidenan Pati )

GUNAWAN, KAREBET (2002) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGECER MINUMAN PEPSI COLA ( Studi kasus se-karisidenan Pati ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1898Kb

Abstract

In a face of working situation that needs a special target with the limited timing, salesperson always faced all problem that it can impact in their performance on the job. So, they always have a stress that it cause decrease their performance. Further, it is not imposible to increase turn over wave in company. Problem in the job as the role of problem and the role of ambiguity will impact to the performance of salespeople in marketing sector. The objective of the study is to analyze individual connection, marketing support and profitability on loyality of salesperson via satisfying of salesperson. Population for this research is salespeople of Pepsi Cola of Pati area. Data were collected via questionnaire. A total of 100 salespeople were responded to this research (respon rate 100 %). Data were analyzed by using Structural Equation Model (SEM). On the whole, research model in Full Structural Equation Model analisys shows good result, such as goodness of fit index with GFI = 0.877, probability degree 0.057 that fits to critical ratio 0.050 and another justification that show good value, there are; CFI = 0.977, TLI = 0.971, AGFI = 0.822, RMSEA = 0.051, CMIN / DF = 1.256 and Chi Square = 104.248. The result of yhe analisys support four hypotheses proposed in this research, there are; individual connection impact satisfying of salesperson, marketing support impact satisfying of salesperson, profitability impact satisfying of salesperson and satisfying of salesperson impact loyality of salesperson. Dalam menghadapi situasi keija yang memmtut target tertentu dengan pembatasan waktu, pengecer seringkali menghadapi berbagai masalah yang dapat berpengaruh terhadap perilakunya dalam bekerja. Sehingga seringkali pengecer tersebut mengalami stress yang mengakibatkan menurwmya kinerja. Lebili lanjut, bukan tidak mungkin akan meningkatkan gelombang turn over dalam perusahaan. Adanya masalah pada pekerjaan yang meliputi masalah peran dan ambiguitas peran, akan berpengaruh terhadap kinerja pengecer di bidang pemasaran. Adapun tujuan dan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh hubungan individual, dukungan pemasaran dan profitabilitas terhadap loyalitas pengecer melalui kepuasan pengecer. Populasi dalam penelitian ini adalah pengecer minuman Pepsi Cola di wilayah Karesidenan Pati. Data diperoleh dari kuesioner. 100 pengecer memberikan jawaban untuk penelitian ini (rate respon sebesar 100 %). Data dianalisis dengan menggunakan Struktural Equation Model (SEM). Secara keseluruhan model penelitian dalam analisis Full Structural Equation Model menunjukkan hasil yang baik, seperti goodness of fit index yang baik dengan nilai GFI sebesar 0,877 dengan tingkat Probability sebesar 0,057 yang telah memenuhi batas Icritis yaitu 0,05 serta beberapa justifikasi lainnya yang menunjukkan nilai yang balk, diantaranya adalah CFI = 0,977 ; TLI = 0,971; AGFI = 0,822; RMSEA = 0,051; CMIN / DF = 1,256 dan Chi-Square = 104,248. Hasil analisis mendukung empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu; hubungan individual memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengecer, dukungan pemasaran memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengecer, profitabilitas memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengecer dan kepuasan pengecer memiliki pengaruh terhadap loyalitas pengecer.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10516
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 10:15
Last Modified:12 May 2010 10:15

Repository Staff Only: item control page