MOTIVASI MENJADI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)PADA WNI KETURUNAN INDIA (Studi Kualitatif pada Komunitas Koja di Kota Semarang)

Laili Noviani, Nur (2007) MOTIVASI MENJADI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)PADA WNI KETURUNAN INDIA (Studi Kualitatif pada Komunitas Koja di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
1460Kb

Abstract

ABSTRAK Komunitas Koja adalah sebuah komunitas keturunan India yang berasal dari Gujarat dengan misinya adalah berdagang dan menyebarkan agama Islam ke Indonesia. Di Indonesia sendiri, khususnya di Semarang, komunitas Koja sampai saat ini pun masih dikenal sebagai masyarakat pedagang sehingga jarang ditemukan yang mempunyai profesi selain pedagang. Pada kenyataannya ada beberapa orang Koja yang memilih pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pekerjaan sebagai abdi negara yang memiliki beberapa keuntungan. Oleh karena itu, perlu diketahui motivasi apakah yang mendorong mereka menjadi PNS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memahami motivasi menjadi PNS pada beberapa anggota komunitas Koja khususnya di Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Subjek penelitian berjumlah tiga orang pria Koja yang mempunyai status PNS dan bertempat tinggal di Semarang. Dua orang subjek mempunyai profesi sebagai pengajar dan satu subjek bekerja di Balitbang Departemen Pertanian. Metode utama yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara mendalam sedangkan metode pendukungnya adalah observasi, catatan lapangan, materi audiovisual, dan dokumen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa motivasi orang Koja menjadi PNS adalah adanya kebutuhan aktualisasi diri dan rasa aman dalam bekerja. Motivasi menjadi PNS ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kebebasan memilih pekerjaan sesuai minat dan bakat, sosialisasi informasi PNS, kecenderungan tipe kepribadian sosial, dan dukungan sosial. Penemuan tambahan dari penelitian ini adalah adanya beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi bekerja setelah menjadi PNS. Faktor-faktor tersebut antara lain: kebutuhan pertumbuhan karir, tanggung jawab akan pekerjaan, makna status PNS, kondisi lingkungan kerja, beban kerja, kebutuhan akan pendapatan, dan dukungan keluarga.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10514
Deposited By:Soetarto
Deposited On:12 May 2010 10:04
Last Modified:12 May 2010 10:04

Repository Staff Only: item control page