ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK PERSEPSI KUALITAS DAN HARAPAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK JAWA TIRTA

WIHARDJO, KUSDIJANTO BAMBANG (2002) ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK PERSEPSI KUALITAS DAN HARAPAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK JAWA TIRTA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2337Kb

Abstract

The concept of buying intention has been relevant to marketers for a century or more. Each Company need to develop their marketing strategy to get competitive advantage. Therefore , we must correctly understand the dynamic changes of customer behavioural to fulfill their expectation and product quality as what they ask for. This research has been tried to develop a theoritical framework based on latest researcher and company problem to : (1) identify affecting factor on buying intention, (2) Build integratif structural equation model of buying intention, (3) Test of this model using data with 100 customer a who ever drink "Jawa Tirta " product at semarang and pekalongan area with stuctural equation model through Amos program 4.10 . This research showed that the factor of buying intention (Brand awarness, perceived quality, Customer expectation, ) have positive influence to drive customer buying intention. So all of hypothesis in this research are accepted. It be can seen from the reasearch that the considerably impact of the variable on buying intention are the first customer expectation variable, the second, perceived quqlity and last impact of those is brand awarness variable. So that implication of managerial can be done there are using of low cost strategy, bulding hight, coordinated and integrited distribution and doing diversification of packing size in order to make more economic. Konsep Niat beli masih relevan bagi pars praktisi pemasaran untuk abad ini dan selanjutnya. Setiap perusahaan perlu mengembangkan strategi pemasaran untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, kita hams memahami benar perubahan dinamis perilaku konsumen untuk dapat memenuhi harapan konsumen dan kualitas produk yang diinginkan mereka. Dalam penelitian ini , peneliti berusaha untuk mengembangkan konsep pemikiran yang didasarkan dan reseach gap penelitian terdahulu dan permasalahan diperusahaan menjadi sebuah : (1) Konsep pengembangan faktor-faktor yang mempengaruhi that beli, (2) Model persamaan structural that bell , (3) Pengujian model dengan menggunakan data 100 responden yang pernah mengkonsumsi produk AMDK " Jawa Tirta" di semarang dan pekalongan. Dari basil penelitian ini menunjukkan bahwa factor yang mempengaruhi that beli (pengenalan merek, persepsi kualitas , harapan konsumen) mempunyai pengaruh positif untuk mendorong that beli konsumen. Jadi semua hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Dan basil penelitian tersebut dapat diketahui pub variabel yang berpengaruh paling besar terhadap that beli adalah varibel harapan konsumen, yang kedua variabel persepsi kualitas dan yang paling keel pengaruhnya adalah varibel pengenalan merek. Sehingga implikasi managerial yang dapat dilakukan adalah • Menggunakan strategi harga rendah, membangun jaringan distribusi yang kuat terkoordinasi dan terintegrasi dan melakukan diversifikasi Want kemasan agar lebih ekonomis.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10513
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 10:05
Last Modified:12 May 2010 10:05

Repository Staff Only: item control page