HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KETERLIBATAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI SIGARET KRETEK MESIN (SKM) PT DJARUM KUDUS

Wahdini, Wahdini (2006) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KETERLIBATAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI SIGARET KRETEK MESIN (SKM) PT DJARUM KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
6Kb

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan perekonomian yang pesat membawa dampak pada berbagai sektor kehidupan, diantaranya terbukanya peluang untuk tumbuh dan berkembangnya berbagai organiasi. Untuk terus dapat menguasai pangsa pasar, dan meningkatkan produktivitas, organisasi memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki motivasi yang tinggi, mampu bekerja keras dan memiliki loyalitas. Tuntutan tersebut dapat dipenuhi oleh individu yang terlibat dengan pekerjaannya. Keterlibatan kerja merupakan ketertarikan dan perhatian yang besar terhadap pekerjaan sehingga menuntun individu untuk bekerja keras dan bertanggung jawab, karena pekerjaan penting bagi harga dirnya. Kerja keras dan tanggung jawab tersebut muncul karena individu memiliki kualitas yang positif pada efikasi dirinya. Individu yang memiliki efikasi diri yang tinggi tidak akan mudah menyerah dan putus asa jika mengalami kesulitan melainkan akan lebih aktif melibatkan diri dengan pekerjaannya dan meningkatkan usahanya dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan keterlibatan kerja karyawan bagian SKM PT Djarum. Jumlah subjek penelitian 70 orang diambil dengan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua buah skala, yaitu Skala Keterlibatan Kerja dan Skala Efikasi diri. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menghasilkan koefesien korelasi rxy = 0,749 dengan tingkat signifikansi korelasi p = 0,000 (p<0,05), yang berarti ada hubungan positif antara efikasi diri dengan keterlibatan kerja pada karyawan. Semakin tinggi efikasi diri maka akan semakin tinggi keterlibatan kerja, dan sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka akan semakin rendah keterlibatan kerjanya. Efektifitas regresi penelitian ini sebesar 56,1 % artinya keterlibatan kerja karyawan sebesar 56,1 % ditentukan oleh efikasi diri. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan positif antara efikasi diri dengan keterlibatan kerja pada karyawan bagian produksi SKM PT Djarum.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10511
Deposited By:Soetarto
Deposited On:12 May 2010 09:59
Last Modified:12 May 2010 09:59

Repository Staff Only: item control page