HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KEADILAN KOMPENSASI DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. ENSEVAL PUTERA MEGATRADING Tbk. CABANG SEMARANG

Anton Cahyadi, Wahyu (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KEADILAN KOMPENSASI DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. ENSEVAL PUTERA MEGATRADING Tbk. CABANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
777Kb

Abstract

ABSTRAK Era globalisasi yang terjadi sekarang ini memberikan dampak yang signifikan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan yang mampu bersainglah yang akan tetap eksis di era globalisasi seperti sekarang ini. Perusahaan memerlukan karyawan yang memiliki kepuasan kerja yang tinggi untuk dapat memenangkan persaingan usaha. Kepuasan kerja karyawan ini dipengaruhi oleh persepsi terhadap keadilan kompensasi, yaitu pandangan karyawan terhadap kompensasi yang diterimannya dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan persepsi terhadap keadilan kompensasi dengan kepuasan kerja karyawan PT. Enseval Putera Megatrading Tbk. Cabang Semarang. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah karyawan tetap, masa kerja minimal satu tahun, dan tingkat pendidikan minimal SMA. Jumlah subjek uji coba sebanyak 32 karyawan dan jumlah subjek penelitian sebanyak 110 karyawan. Alat ukur penelitian menggunakan skala persepsi terhadap keadilan kompensasi dengan 33 aitem ( α = 0,974) dan skala kepuasan kerja dengan 41 aitem( α = 0,947). Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan analisis statistiknya menggunakan komputer dengan program SPSS Versi 12.0. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh rxy = 0,515, dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap keadilan kompensasi dengan kepuasan kerja. Semakin positif persepsi terhadap keadilan kompensasi maka kepuasan kerja semakin tinggi. Koefisien determinasi sebesar 0,265, berarti persepsi terhadap keadilan kompensasi memberikan sumbangan efektif sebesar 26,5% terhadap kepuasan kerja. Sisanya sebesar 73,5% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini misalnya: Kondisi kerja, hubungan dengan atasan (mutu pengawasan), Pekerjaan yang sesuai karakteristik kepribadian, umur, dan kedudukan (kesempatan promosi).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10508
Deposited By:Soetarto
Deposited On:12 May 2010 09:53
Last Modified:12 May 2010 09:53

Repository Staff Only: item control page