HUBUNGAN ANTARA KESESAKAN DENGAN KELELAHAN AKIBAT KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PENJAHITAN PERUSAHAAN KONVEKSI PT MONDRIAN KLATEN JAWA TENGAH

Zuhriyah, Fitri (2007) HUBUNGAN ANTARA KESESAKAN DENGAN KELELAHAN AKIBAT KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PENJAHITAN PERUSAHAAN KONVEKSI PT MONDRIAN KLATEN JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
3304Kb

Abstract

Abstrak Kelelahan akibat kerja dapat menyebabkan ketidaknyamanan, gangguan dan kemungkinan mengurangi kepuasan serta penurunan produktivitas. Ruang kerja yang mendukung aktivitas kerja serta tata letak yang teratur dan harmonis akan membantu memberikan kenyamanan saat individu bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesesakan dengan kelelahan akibat kerja pada karyawan bagian penjahitan pada perusahaan konveksi PT. Mondrian Klaten dan besar sumbangan kesesakan terhadap kelelahan akibat kerja. Jumlah sampel penelitian sebanyak 127 orang, diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Kelelahan Akibat Kerja dan Skala Kesesakan. Skala Kelelahan Akibat Kerja 20 aitem (α=0,858) dan Skala Kesesakan 20 aitem (α=0,855). Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,635 dengan p = 0,000 (p<0,05), yang berarti ada hubungan positif antara kesesakan dengan kelelahan akibat kerja. Semakin tinggi kesesakan maka semakin tinggi kelelahan akibat kerja. Efektivitas regresi penelitian ini sebesar 40,3%, artinya kelelahan akibat kerja pada karyawan bagian penjahitan pada PT. Mondrian Klaten sebesar 40,3% ditentukan oleh kesesakan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara kesesakan dengan kelelahan akibat kerja pada karyawan bagian penjahitan pada PT. Mondrian Klaten. Hasil tersebut memberikan informasi kepada karyawan bagian penjahitan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tanda-tanda kelelahan akibat kerja dan kesesakan sehingga dapat memberikan kenyamanan saat bekerja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10507
Deposited By:Soetarto
Deposited On:12 May 2010 09:47
Last Modified:12 May 2010 09:47

Repository Staff Only: item control page