ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PERPINDAHAN MEREK (Studi Empiris pada Produk Sampo di Supermarket Matahari Semarang)

Aji, Moch Wuri Setyo (2002) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PERPINDAHAN MEREK (Studi Empiris pada Produk Sampo di Supermarket Matahari Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
3096Kb

Abstract

A brand is a decisive factors succesfully or not to company,where a brand is a hope, translation slogans a company. Brand awarness has a very close connection to a consumer aware for a certain product. A brand switching is a reverse to brands loyalty which people's talking about today. Srinivasan and Grover (1996) said that brand switching is a complex phenomena which affected by behavioral factors, competitors and time,where their brands switching is a buying behaviour certain brands to different products from favourite brand that consumer used to buy. Based on research background, the research problem was developed and became an issue of this study. In this research we'd to analite from factors which affecting a brand switching. The matters in this research is how to conseptualize internal consumen factors and external factors has its affects to emotional respond and rational respond consumen which determine a brand switching and dimensions which develop it. To tested this research 5 variables is developed and hipothesis is tested. Data analysis resources is taken from 100 respondents who commit a brand switching by switch their shampoo's product to a supermarkets in matahari semarang by using a Stuctural Equation Model Analysis tool in AMOS 4.01 program. The result showed that all hypothesis tested was not rejected, and we concluded that internal factors variable, external factors, rational serpond and emotional respond has a positive impact for brand switching .This research resulting connection between research result and theoritical implications and managerial. Research limitation and research agenda could be worthy for future research. Merek merupakan faktor yang menentukan sukses tidaknya suatu perusahaan, dimana merek merupakan harapan, slogan peneijemahan suatu perusahaan. Membangun merek erat sekali kaitannya dengan membangun sikap konsumen terhadap suatu merek.. Srinivasan dan Grover (1996) menyatakan bahwa perilaku perpindahan merek merupakan suatu fenomena yang kompleks yang dipengaruhi oleh faktor-faktor behavioral,persaingan dan waktu,dimana perilaku perpindahan merek adalah perilaku pembelian suatu produk dengan merek yang berbeda dari merek favorit yang biasa dibeli oleh konsumen. Pacla penelitian ini dilakukan analisis sebuah model dari faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan merek. Berdasarkan latar belakang penelitian maka dikembangkan research problem yang dijadikan pennasalahan dalam penelitian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengkonseptualisasikan faktor internal konsumen dan faktor eksternal konsumen berpengaruh terhadap kondisi respon emosional dan respon rasional konsumen yang menentukan perilaku perpindahan merek dan dimensi - dimensi yang membangunnya. Untuk menjawab penelitian ini dikembangkan lima variabel dengan enam hipotesis yang diuji. Analisis data berasal dari 100 responden yang berpindah merek sampo di supermarket Matahari Semarang dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Model (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisis data menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima,sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel faktor internal,faktor eksternal, respon rasional dan respon emosional memiliki pengaruh yang positif terhadap perpindahan merek. Akhir dari penebtian ini menghubungkan antara basil perielitian dengan implikasi teoritis dan manajerial. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan referensi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10506
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:12 May 2010 09:49
Last Modified:12 May 2010 09:49

Repository Staff Only: item control page