HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMPENSASI DENGAN DISIPLIN KERJA PETUGAS PENGEMUDI UNIT ANGKUTAN BUS KOTAPERUM DAMRI SEMARANG

Dian Wardhany, Rosita (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMPENSASI DENGAN DISIPLIN KERJA PETUGAS PENGEMUDI UNIT ANGKUTAN BUS KOTAPERUM DAMRI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
592Kb

Abstract

ABSTRAK Pertambahan jumlah penduduk menuntut semakin meningkatnya kebutuhan akan sarana transportasi yang cepat dan aman dengan pelayanan yang memuaskan. Pengemudi selaku pemimpin kendali operasionalisasi bus dituntut untuk dapat bekerja secara maksimal dengan mencerminkan disiplin kerja dalam bertugas. Disiplin kerja adalah sikap karyawan yang diikuti dengan kesadaran dan kesediaan untuk melakukan aktivitas pekerjaan sesuai dengan peraturan-peraturan dan norma-norma organisasi dengan harapan akan tercapai prestasi kerja yang memuaskan dan bersedia menerima sanksi apabila melanggar peraturan. Disiplin kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah berkaitan dengan kompensasi. Terkait dengan masalah kompensasi adalah bagaimana pengemudi memberikan persepsi terhadap kompensasi yang diterima. Persepsi terhadap kompensasi adalah bagaimana cara pandang individu terhadap segala sesuatu yang diberikan oleh organisasi, yaitu kompensasi yang diberikan sebagai balas jasa terhadap kerja yang telah dilakukan oleh pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positif antara persepsi terhadap kompensasi dengan disiplin kerja pengemudi Perum Damri Unit Angkutan Bus Kota Semarang dan besar sumbangan efektif persepsi terhadap kompensasi terhadap disiplin kerja. Jumlah sampel penelitian sebanyak 73 orang, diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Disiplin Kerja dan Skala Persepsi terhadap Kompensasi. Skala Disiplin Kerja 26 aitem (α=0,908) dan Skala Persepsi terhadap Kompensasi 34 aitem (α=0,886). Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,578 (p<0,05), yang berarti ada hubungan positif antara persepsi terhadap kompensasi dengan disiplin kerja. Efektivitas regresi penelitian ini sebesar 33,4%, artinya disiplin kerja pengemudi sebesar 33,4% ditentukan oleh persepsi terhadap kompensasi dan 66,6% sisanya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10505
Deposited By:Soetarto
Deposited On:12 May 2010 09:45
Last Modified:12 May 2010 09:45

Repository Staff Only: item control page