PENGARUH INFORMASI PRODUK, KESAN DAN ATURAN SOSIAL SERTA KESENANGAN TERHADAP OPTIMASI STRATEGI PERIKLANAN MELALUI APRESIASI IKLAN PADA PRODUK SABUN MANDI LUX DAN LEFEBUOY (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG)

Utaminingsih , Adijati (2001) PENGARUH INFORMASI PRODUK, KESAN DAN ATURAN SOSIAL SERTA KESENANGAN TERHADAP OPTIMASI STRATEGI PERIKLANAN MELALUI APRESIASI IKLAN PADA PRODUK SABUN MANDI LUX DAN LEFEBUOY (STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
2419Kb

Abstract

ABSTRACT Advertising is an important social phenomenon and it is believable to stimulate consumption and economic activity. It is also able to stimulate a certain value of life style model. The object of this research is an advertisement of bath soap, and its related problem how the impact of personal utility factor to both the appreciation of product advertisement and to the advertising strategy itself The objective of the research is to identify personal variable such as product information, social role and image, and pleasure, and it is also to analyze the influence of personal factor to the problems that have been mentioned above. According to Erwin Ephron (1998) as to an optimal strategy on advertising, and the appreciation of advertisement. Further more Lloyd and Clancy (1991) put forward that the influenced factors become the model of advertisement are more likely the best advertisement program, the involvement on it, and its loyalty to watching it. They would have positive influence to its continuously mind, the advertised product evaluation, and frequency on staying to watching it. All of these are indicated to be an optimal advertising strategy. All of married women whether they are working or not, and stayed in Kota Semarang (Semarang City) are become population. By taking sample amounted 114 from each part of such group, then the data are processed by using Structural Equation Modeling (SEM) which is adopted from AMOS statistical software in order to test its hypothesis. The results conclude personal factor such as product information, social role and image and pleasure have positive or significant correlation to the optimization of advertising strategy. Implied managerial of this research is to develop the contents of advertisement itself by adding more clearly product information to make it more interesting, comfortable and consolable, even able to meet its function as a tool of marketing as whole. ABSTRAKSI Periklanan adalah sebuah fenomena sosial yang penting. Iklan dipercaya dapat menstimulasi konsumsi dan aktifitas ekonomi, model gaya hidup serta sebuah orientasi nilai yang tertentu. Dalam penelitian ini iklan yang menjadi obyek adalah produk iklan sabun mandi. Permasalahannya adalah bagaimana pengaruh faktor manfaat personal terhadap apresiasi iklan produk sabun mandi serta bagaimanakah pengaruh apresiasi iklan terhadap optimasi strategi periklanan pada produk sabun mandi. Telaah pustaka yang mendasari penelitian ini adalah strategi iklan yang optimal menurut Erwin Ephron (1998), apresiasi iklan yang sesuai dengan temuan Barwise dan Ehrenberg (1988) dan faktor manfaat personal seperti yang diungkapkan oleh Pollay dan Mittal (1993). Dan menurut Lloyd dan Clancy (1991) yang menyatakan bahwa faktor-faktor yang menjadi acuan bagi apresiasi iklan adalah program iklan yang disukai, keterlibatan dalam sebuah tayangan iklan dan kesetiaan/loyalitas terhadap iklan yang ditayangkan akan mempunyai pengaruh yang positif pada Jaya ingat secara terus-menerus terhadap iklan, evaluasi tentang produk yang diiklankan serta frekwensi untuk tetap tinggal melihat iklan yang merupakan dimensi dari optimasi strategi periklanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga yang bekerja atupun tidak bekerja yang bertempat tinggal di Kotamadya Semarang. Maka sampel yang diambil sejumlah 114 ibu rumah tangga baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja. Teknis analisis adalah Structural Equation Modelling (SEM) dari paket sofware statistik AMOS yang digunakan dalam model dan pengujian hipotesis. Kesimpulan yang didapatkan bahwa faktor manfaat personal yang terdiri dari informasi produk, kesan dan aturan sosial serta kesenangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap apresiasi iklan. Sedangkan apresiasi iklan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap optimasi strategi periklanan. Implikasi manajerial yang dimunculkan dari penelitian ini adalah upaya untuk merubah atau memperbaiki isi dari iklan sabun mandi yang ditampilkan yang berupa penambahan informasi tentang produk yang lebih jelas dan melakukan tindakan nyata untuk membuat iklan yang menarik, menyenangkan serta menghibur serta mampu memenuhi fungsinya sebagai alat pemasaran namun baik bagi konsumen.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10480
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:12 May 2010 08:49
Last Modified:12 May 2010 08:49

Repository Staff Only: item control page