Efektifitas Batuk Efektif Dalam Pengeluaran Sputum Untuk Penemuan BTA Pada Pasien Paru di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus

Wahyu Pranowo, Chrisanthus (2010) Efektifitas Batuk Efektif Dalam Pengeluaran Sputum Untuk Penemuan BTA Pada Pasien Paru di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
95Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Penyakit tuberkulosis (TBC) sampai saat ini merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Upaya untuk menegakkan diagnosis secara tepat salah satu diantaranya adalah dengan pemeriksaan sputum (dahak). Penting untuk mendapatkan sputum yang benar, bukan ludah ataupun sekret hidung sehingga dapat diketemukan Basil Tahan Asam yang positif. Untuk itu diperlukan upaya mendapatkan sputum dengan cara melakukan batuk efektif. Tujuan dari batuk efektif adalah untuk meningkatkan ekspansi paru, mobilisasi sekresi dan mencegah efek samping dari retensi sekresi seperti pneumonia, atelektasis dan demam. Dengan batuk efektif penderita tuberkulosis paru tidak harus mengeluarkan banyak tenaga untuk mengeluarkan sekret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas batuk efektif dalam pengeluaran sputum untuk penemuan BTA pasien TB paru di ruang rawat inap RS Mardi Rahayu Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif uji statistik Paired Sample t-test dan pengambilan data dilakukan dengan pengukuran volume sputum pada 30 responden pasien TB Paru di ruang rawat inap RS Mardi Rahayu Kudus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10476
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 May 2010 08:33
Last Modified:12 May 2010 08:33

Repository Staff Only: item control page