ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, PROMOSI DAN KEMUDAHAN PEMBAYARAN TERHADAP INTENSITAS PEMBELIAN ALAT-ALAT BERAT PADA PT. UNITED TRACTORS (UT) Tbk. CABANG SEMARANG

MISWAN, MISWAN (2001) ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, PROMOSI DAN KEMUDAHAN PEMBAYARAN TERHADAP INTENSITAS PEMBELIAN ALAT-ALAT BERAT PADA PT. UNITED TRACTORS (UT) Tbk. CABANG SEMARANG. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF
1965Kb

Abstract

ABSTRACT This thesis takes case of which consumer's purchase intensity of products made by PT. United Tractors (UT) Tbk. Semarang Branch is the topic. It is aimed at augmenting purchase intensity by applying policy of differentiation of product, promotion, and payment method. Purchase intensity serves as an action by consumer directly to acquire goods based on perception, motive, and attitude of the buyer to meet his need. Methodology used to collect the data was questionnaire, and data computation applying program SPSS 10.5. Analysis method used was double regression, while hypothesis test applied were test F as well as test T. The result shows that factors namely, differentiation of product, promotion and payment method have significantly influenced either individual purchase intensity or collective one. Based on individual significance level, important variables in sequence were •differentiation of product, promotion, and payment method. Change of one of the free variables (differentiation of product, promotion, and payment method) would simultaneously purchase intensity. Policy of differentiation of product must be introduced more intensively to consumers, while price factor would support success of the promotion, and as means of negotiation which was able to support the success of marketing. ABSTRAKSI Tesis ini mengambil kajian dengan pokok masalah intensitas pembelian oleh konsumen terhadap produk PT. United Tractors (UT) Tbk Cabang Semarang. Tujuan yang hendak dicapai adalah meningkatkan intensitas pembelian dengan menerapkan kebijakan diferensiasi produk, promosi dan kemudahan pembayaran. Intensitas pembelian merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen secara Iangsung untuk mendapatkan barang yang didasarkan pada persepsi, motif dan perilaku membeli untuk memuaskan kebutuhannya. Metodologi yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket, komputasi data dengan menggunakan program SPSS 10.5, teknik analisisnya menggunakan regresi berganda dan pengujian hipotesisnya dengan uji F dan uji t. Hasil/pembahasan menunjukkan bahwa faktor-faktor diferensiasi produk, promosi dan kemudahan pembayaran berpengaruh signifikan terhadap intensitas pembelian, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Berdasar tingkat signifikansi individu, maka variabel penting secara berurutan adalah diferensiasi produk, promosi dan kemudahan pembayaran Perubahan pada salah saw variabel bebas (diferensiasi produk, promosi dan kemudahan pembayaran) secara simultan akan mempengaruhi intensitas pembelian. Oleh karena itu kebijakan diferensiasi produk perlu dipromosikan lebih intensif kepada konsumen, sedangkan faktor harga akan mendukung keberhasilan promosi dan juga berfungsi sebagai alat negosiasi yang mampu mendukung keberhasilan pemasaran.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:10474
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:12 May 2010 08:35
Last Modified:12 May 2010 08:35

Repository Staff Only: item control page