Persepsi Kepala Ruang dalam Implementasi Model Praktik Keperawatan Profesional di Rumah Sakit Jiwa Daerah dr. Amino Gondohutomo Semarang

Qodir, Abdul (2010) Persepsi Kepala Ruang dalam Implementasi Model Praktik Keperawatan Profesional di Rumah Sakit Jiwa Daerah dr. Amino Gondohutomo Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
148Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Perkembangan informasi yang cepat mempengaruhi persepsi masyarakat sebagai pengguna rumah sakit tentang sadarnya kebutuhan akan peningkatan pelayanan keperawatan. Pemilihan metode pemberian asuhan keperawatan menentukan keberhasilan asuhan keperawatan, terutama dalam hal model praktik keperawatan profesional. Di rumah sakit, kepala ruang adalah pimpinan langsung perawat pelaksana dalam melakukan tugas perawat yang salah satunya adalah pemberian asuhan keperawatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi kepala ruang dalam implementasi Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Persepsi dalam pemaknaannya dipengaruhi oleh lingkungan. Di lingkungan rumah sakit, kepala ruang mengamati proses pelaksanaan model praktik keperawatan profesional yang di dalamnya terdiri dari nilai-nilai profesional, metode pemberian asuhan keperawatan, pendekatan manajemen, sistem kompensasi, dan penghargaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif dengan cara mendapatkan data berupa wawancara secara mendalam untuk mengetahui persepsi kepala ruang dalam implementasi model praktik keperawatan profesional. Dengan partisipan adalah kepala ruang yang telah dilakukan model praktik keperawatan profesional.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
ID Code:10463
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:30 Dec 2016 10:07
Last Modified:30 Dec 2016 10:07

Repository Staff Only: item control page