HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN KECENDERUNGAN GAYA HIDUP EXPERIENCERS PADA SISWA KELAS XI SMA LABSCHOOL JAKARTA

Mardiani, Amelia (2007) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN KECENDERUNGAN GAYA HIDUP EXPERIENCERS PADA SISWA KELAS XI SMA LABSCHOOL JAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
174Kb

Abstract

ABSTRAK Remaja sering dijadikan target bagi pemasaran berbagai produk industri karena karakteristik mereka yang labil, spesifik dan mudah dipengaruhi sehingga akhirnya mendorong munculnya berbagai gejala dalam perilaku yang tidak wajar. Alasannya karena sedang mengikuti arus mode, hanya ingin mencoba produk baru, ingin memperoleh pengakuan sosial. Gaya hidup adalah cara seseorang hidup, membelanjakan uang, dan mengalokasikan waktunya. Salah satu segmen gaya hidup berdasarkan VALS 2 adalah gaya hidup experiencers. Gaya hidup experiencers memiliki kemiripan dengan ciri remaja. Pengaruh teman sebaya pada sikap, pembicaraan, minat, penampilan dan perilaku lebih besar dari pada keluarga. Remaja kemungkinan menyesuaikan diri dengan tujuan menghindari menjadi berbeda dari teman-temannya karena tidak ingin terlihat aneh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empirik hubungan antara konformtas terhadap teman sebaya dengan kecenderungan gaya hidup experiencers pada siswa kelas XI SMA Labschool Jakarta. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, remaja tengah berusia antara 15-17 tahun dan tidak bekerja. Jumlah subjek yang dikenakan pada uji coba sebanyak 100 siswa dan subjek penelitian sebanyak 127 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu Skala kecenderungan gaya hidup experiencers, dengan jumlah aitem sebanyak 60 aitem ( ) dan Skala konformitas terhadap teman sebaya dengan jumlah aitem sebanyak 36 aitem ( ). Skala ini menggunakan skala model Likert dan analisis statistiknya menggunakan SPSS versi 12.0. Hasil analisis regresi sederhana konformitas terhadap teman sebaya dengan gaya hidup experiencers menghasilkan koefisien regresi (rxy) sebesar 0,461 dengan p < 0,05. Sumbangan efektif dalam penelitian ini adalah 21,2%. Kecenderungan gaya hidup experiencers berada pada kategori tinggi dan konformitas terhadap teman sebaya berada pada kategori sedang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
ID Code:10458
Deposited By:Soetarto
Deposited On:11 May 2010 14:16
Last Modified:11 May 2010 14:52

Repository Staff Only: item control page