HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN BANK JATENG CABANG SURAKARTA

Chandra Ratnawati, Yuanita Henny (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN BANK JATENG CABANG SURAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
414Kb

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia memegang peranan utama dalam peningkatan produktivitas. Produktivitas yang semakin tinggi merupakan pendayagunaan sumber daya secara efisien. Perusahaan dalam proses produksi, harus selalu memperhatikan dan mempertimbangkan cara mencapai produktivitas yang tinggi dengan sumber daya atau faktor produksi yang ada. Produktivitas akan tercapai bila dalam diri karyawan terdapat perilaku produktif, yang akan berhasil bila karyawan diarahkan pada semangat untuk selalu belajar dan memperbaiki diri dalam menjalankan pekerjaan melalui berdisiplin dalam bekerja. Faktor pemimpin dan kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam pembentukan disiplin kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional dengan disiplin kerja pada karyawan Bank Jateng Cabang Surakarta. Subjek penelitian ini adalah 60 karyawan Bank Jateng Cabang Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh melalui skala yang terdiri dari 10 aitem skala Disiplin Kerja dengan koefisien reliabilitas Alpha = 0,797 dan 28 aitem skala Kepemimpinan Transformasional dengan koefisien reliabilitas Alpha = 0,947. Analisis regresi sederhana digunakan untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dengan disiplin kerja pada karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik disiplin kerja maupun gaya kepemimpinan transformasional yang ada pada Bank Jateng Cabang Surakarta berada dalam kategori tinggi. Hasil pengujian korelasi menunjukkan hasil rxy = 0,331 dengan p = 0,006 (p<0,01). Hal ini menunjukkan adanya korelasi positif antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan transformasional dengan disiplin kerja. Efektivitas model hubungan menunjukkan bahwa sebesar 10,9% terhadap disiplin kerja dapat ditentukan oleh faktor gaya kepemimpinan transformasional dan sisanya disiplin kerja ditentukan oleh faktor-faktor seperti semangat kerja, budaya organisasi, dan lain sebagainya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
ID Code:10447
Deposited By:Soetarto
Deposited On:11 May 2010 10:01
Last Modified:11 May 2010 12:46

Repository Staff Only: item control page