HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP HARAPAN ORANG TUA DENGAN KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Nainggolan, Lisdu (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP HARAPAN ORANG TUA DENGAN KETAKUTAN AKAN KEGAGALAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
537Kb

Abstract

ABSTRAK Mahasiswa banyak dihadapkan pada tuntutan maupun harapan dan tekanan dari lingkungannya termasuk tekanan akademik. Tuntutan dan tekanan dari berbagai pihak, khususnya orang tua dapat menyebabkan kecemasan dan ketakutan pada mahasiswa. Ketakutan yang berlebihan akan membentuk penilaian negatif terhadap kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan masalah, sehingga mengakibatkan mahasiswa mengalami kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa Program Studi Psikologi Undip. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Psikologi Undip, sejumlah 181 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode skala psikologi, yaitu skala ketakutan akan kegagalan yang terdiri dari 86 aitem (α = 0,9653) dan skala persepsi terhadap harapan orang tua yang terdiri dari 41 aitem (α = 0,9333). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan rxy = 0,504 dan p = 0,000 (p<0,05). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap harapan orang tua dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa Program Studi Psikologi Undip. Sumbangan efektif persepsi terhadap harapan orang tua dalam penelitian ini sebesar 0,254, artinya ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa Program Studi Psikologi Undip 25,4% ditentukan oleh faktor persepsi terhadap harapan orang tua, sedangkan 74,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10443
Deposited By:Soetarto
Deposited On:10 May 2010 11:55
Last Modified:10 May 2010 11:55

Repository Staff Only: item control page