Kompetensi Sosial dan Kewirausahaan (Studi Korelasi Pada Anggota Perkumpulan Wirausahawan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)

Chasbiansari, Dyas (2007) Kompetensi Sosial dan Kewirausahaan (Studi Korelasi Pada Anggota Perkumpulan Wirausahawan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
819Kb

Abstract

Tidak seimbangnya jumlah tenaga kerja dengan lapangan kerja membuat pemerintah melaksanakan program untuk meningkatkan kewirausahaan di kalangan pelajar dan mahasiswa. Kewirausahaan diharapkan dapat membantu perekonomian bangsa. Kewirausahaan harus selalu berhubungan dengan pihak lain, untuk itu diperlukan kompetensi sosial yang menunjang kewirausahaan. Meredith dkk (1996, h.9), kewirausahaan adalah semangat, sikap dan kemampuan individu dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja baru, teknologi baru dan produk baru atau memberi nilai tambah barang dan jasa. Gullota dkk (1999, h.70), kompetensi sosial adalah kemampuan, kecakapan atau keterampilan individu dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan dan memberi pengaruh pada orang lain demi mencapai tujuan dalam konteks sosial tertentu yang disesuaikan dengan budaya, lingkungan, situasi yang dihadapi serta nilai yang dianut oleh. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial dengan kewirausahaan pada anggota Perkumpulan Wirausahawan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Penelitian studi populasi pada 40 mahasiswa yang tergabung dalam organisasi. Perkumpulan Wirausahawan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang adalah organisasi independent yang mengumpulkan mahasiswa Undip yang berwirausaha. Organisasi ini bertindak sebagai media pertukaran informasi dan pembelajaran mengenai wirausaha. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu skala kewirausahaan (Meredith, 1996, h.6) yang terdiri dari 30 aitem dan skala kompetensi sosial (Gullota, 1990, h.100) yang terdiri dari 36 aitem. Analisis data untuk mengetahui adanya hubungan positif antara kompetensi sosial dengan kewirausahaan pada mahasiswa anggota Perkumpulan Wirausahawan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan angka rxy=0,822 dengan p=0,000(p<0,05). Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi sosial dengan kewirausahaan. Efektivitas regresi dalam penelitian ini adalah 67,5%, menunjukkan kompetensi sosial mempengaruhi kewirausahaan sebesar 67,5% pada populasi penelitian. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terhadap hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi sosial dengan kewirausahaan pada anggota Perkumpulan Wirausahawan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Berarti semakin tinggi kompetensi sosial yang dimiliki, semakin tinggi pula kewirausahaannya, dan sebaliknya, semakin rendah kompetensi sosial semakin rendah kewirausahaannya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10441
Deposited By:Soetarto
Deposited On:10 May 2010 11:46
Last Modified:10 May 2010 11:46

Repository Staff Only: item control page