PENGARUH PENGGUNAAN DAYA TARIK EMOSIONAL DAN RASIONAL SECARA BERSAMAAN DALAM IKLAN CETAK TERHADAP CITRA MEREK PADA REMAJA AKHIR PEREMPUAN (Studi Kuasi Eksperimental Pada Mahasiswi Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang)

Utami, Diah (2007) PENGARUH PENGGUNAAN DAYA TARIK EMOSIONAL DAN RASIONAL SECARA BERSAMAAN DALAM IKLAN CETAK TERHADAP CITRA MEREK PADA REMAJA AKHIR PEREMPUAN (Studi Kuasi Eksperimental Pada Mahasiswi Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
402Kb

Abstract

ABSTRAK Penyampaian pesan dalam iklan dilakukan melalui penggunaan daya tarik iklan. Hanya saja penggunaan daya tarik emosional dan rasional secara bersamaan masih jarang ditampilkan dalam iklan. Penggunaan daya tarik iklan yang digunakan pada konsumen perempuan pada umumnya hanya menggunakan daya tarik emosional saja. Pemilihan daya tarik dalam iklan menjadi penting karena citra merek salah satunya tercipta melalui iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan daya tarik emosional dan rasional secara bersamaan dalam iklan cetak terhadap citra merek pada remaja akhir perempuan. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah remaja perempuan yang berusia 17-21 tahun dan mempunyai minat membaca media cetak dengan segmen remaja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain eksperimen non-randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Perlakuan pada kelompok eksperimen yaitu pemberian tiga jenis iklan dengan daya tarik emosional dan rasional secara bersamaan berulang sebanyak enam kali. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik Independent Sample T-Test menghasilkan perbedaan mean sebesar 10,5 dengan koefisien t=-2,165 dan p=0,037 (p<0,05). Hal tersebut berarti ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan daya tarik emosional dan rasional secara bersamaan terhadap citra merek remaja akhir perempuan. Oleh karena itu, remaja perempuan sebagai konsumen sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan aspek afektif saja namun juga kognitif ketika merespon sebuah iklan, khususnya iklan produk pakaian sehingga dapat memilih pakaian yang sesuai dengan dirinya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10440
Deposited By:Soetarto
Deposited On:10 May 2010 11:43
Last Modified:10 May 2010 11:43

Repository Staff Only: item control page