HUBUNGAN ANTARA BENTUK-BENTUK DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT RESILIENSI PENYINTAS GEMPA DI DESA CANAN, KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN

Lestari, Kurniya (2007) HUBUNGAN ANTARA BENTUK-BENTUK DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT RESILIENSI PENYINTAS GEMPA DI DESA CANAN, KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
467Kb

Abstract

ABSTRAK Individu tidak akan terlepas dari berbagai kemalangan dalam kehidupannya. Kemalangan bisa terjadi pada waktu dan tempat yang kadang sulit untuk diprediksikan. Individu dituntut untuk memiliki kemampuan untuk bertahan dan bangkit dari kemalangan-kemalangan tersebut. Dukungan sosial menjadi salah satu penyangga bagi individu saat menghadapi kesulitan. Namun, masingmasing bentuk dukungan sosial tersebut memiliki hubungan yang berbeda dengan tingkat resiliensi penyintas gempa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bentuk-bentuk dukungan sosial dengan tingkat resiliensi penyintas gempa di Desa canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala resiliensi, skala sikap terhadap dukungan emosional, sikap terhadap dukungan penghargaan, sikap terhadap dukungan informasi, sikap terhadap dukungan instrumental, dan sikap terhadap dukungan jaringan sosial yang disebarkan kepada 100 subjek penelitian. Skala resiliensi terdiri dari 28 item dengan α = 0,878, skala sikap terhadap dukungan emosional, sikap terhadap dukungan penghargaan, sikap terhadap dukungan informasi, sikap terhadap dukungan instrumental, dan sikap terhadap dukungan jaringan sosial masing-masing terdiri dari14, 12, 12, 15, dan 10 dengan α berturut-turut = 0,791, 0,792, 0,772, 0,855, 0,780. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara bentukbentuk dukungan sosial dengan tingkat resiliensi adalah analisis korelasi spearman. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya hubungan yang positif antara dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan informasi, dan dukungan jaringan sosial dengan tingkat resiliensi penyintas gempa di Desa Canan yang ditunjukkan oleh angka korelasi ρ masing-masing, 0,369, 0,380, 0,420, dan, 0,208. Dukungan instrumental tidak memiliki hubungan dengan tingkat resiliensi penyintas gempa yang ditunjukkan dengan angka korelasi ρ = 0174. Hasil tersebut memberi informasi bagi para penyintas, pemerintah, dan segenap masyarakat untuk memperhatikan dan mempertimbangkan bentuk dukungan sosial yang akan diberikan ataupun diterima dengan baik sehingga mampu meningkatkan resiliensi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10434
Deposited By:Soetarto
Deposited On:10 May 2010 11:24
Last Modified:10 May 2010 11:24

Repository Staff Only: item control page