HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN INTENSI MEMBELI PAKAIAN BERMEREK PADA DOSEN WANITA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Agustina, Diana (2006) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN INTENSI MEMBELI PAKAIAN BERMEREK PADA DOSEN WANITA DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
24Kb

Abstract

ABSTRAK Masa dewasa awal merupakan periode penyesuaian diri terhadap pola baru dan harapan-harapan sosial. Individu pada masa ini memainkan peranan baru sebagai suami atau istri, orang tua dan pencari nafkah. Masa ini lebih bermasalah bagi kaum wanita dibandingkan kaum pria, karena selain bekerja atau meneruskan pendidikan, wanita juga mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Karier akademisi sebagian besar banyak digeluti oleh wanita, salah satunya karier sebagai seorang dosen. Penampilan merupakan hal yang cukup penting bagi seorang dosen karena tugas mereka yang mengharuskan mereka tampil di depan kelas dan juga di berbagai forum yang ada, sehingga membutuhkan pakaian sebagai bagian dari penampilan, salah satunya melalui pakaian bermerek. Penampilan bagi seorang dosen menunjukan status yang merupakan ekspresi simbolik dari pekerjaan mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan intensi membeli pakaian bermerek pada dosen wanita di Universitas Diponegoro Semarang yang berada pada masa dewasa awal. Sampel untuk penelitian berjumlah 45 dosen wanita berusia antara 25 – 40 tahun, telah menikah dan memiliki anak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Intensi Membeli Pakaian Bermerek dan Skala Citra Merek yang diberikan secara individual pada subjek penelitian. Analisis data untuk melihat hubungan antara variabel citra merek dengan intensi membeli pakaian bermerek dilakukan dengan menggunakan analisis regresi, menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,591 dengan p<0,05, yang berarti terdapat hubungan yang positif antara citra merek dengan intensi membeli pakaian bermerek pada dosen wanita di Universitas Diponegoro Semarang. Sumbangan efektif yang dihasilkan adalah 34,9% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Intensi membeli pakaian bermerek pada dosen wanita sangat rendah, kondisi ini dikarenakan pengeluaran banyak ditujukan untuk keperluan rumah tangga dan kebutuhan anak. Citra merek berada dalam kategori rendah, kondisi ini dikarenakan beberapa faktor yaitu karakteristik pribadi dosen, stimulus pemasaran dan juga faktor sosial dan budaya. Produsen pakaian kerja wanita dapat mempertimbangkan dosen sebagai target pasar pakaian bermerek dan bagi ritel atau tempat penjualan sebaiknya menyediakan merek-merek pakaian yang diminati dosen wanita.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10431
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 May 2010 11:19
Last Modified:10 May 2010 11:19

Repository Staff Only: item control page