HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAPKOMUNIKASI ATASAN KEPADA BAWAHAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA PEGAWAI PELAKSANAAN JARINGAN PEMANFAATAN AIR BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI (PJPA-BBWS) PEMALI-JUANA

Resmi, Sita (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAPKOMUNIKASI ATASAN KEPADA BAWAHAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA PEGAWAI PELAKSANAAN JARINGAN PEMANFAATAN AIR BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI (PJPA-BBWS) PEMALI-JUANA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
486Kb

Abstract

Abstrak Komitmen organisasi merupakan sikap kerja yang mempengaruhi kualitas kinerja seorang pegawai. Salah satu unsur penting yang menentukan komitmen pegawai terhadap organisasi adalah kualitas komunikasi yang terjalin dari atasan kepada bawahan. Adanya penilaian pegawai yang positif terhadap komunikasi atasan kepada bawahan diasumsikan dapat meningkatkan komitmen pegawai terhadap organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi terhadap komunikasi atasan kepada bawahan dengan komitmen organsiasi pada pegawai PJPA-BBWS Pemali-Juana. Penelitian ini melibatkan 42 pegawai dengan karakteristik yaitu karyawan tetap dan bekerja minimal dua tahun. Penelitian dilaksanakan di Kantor Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Balai Besar Wilayah Sungai (PJPABBWS) Pemali-Juana dan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2007. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala, yaitu skala komitmen organisasi dan skala persepsi terhadap komunikasi atasan kepada bawahan. Skala diujicobakan pada pegawai, menghasilkan 43 aitem sahih (= 0,954) pada skala persepsi terhadap komunikasi atasan kepada bawahan dan 38 aitem sahih (= 0,922) pada skala komitmen organisasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,771 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil ini membuktikan hipotesis penelitian, yaitu terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap komunikasi atasan kepada bawahan dengan komitmen organisasi. Semakin tinggi persepsi terhadap komunikasi atasan kepada bawahan maka semakin tinggi komitmen organisasinya. Sumbangan efektif penelitian ini sebesar 59,4%, artinya komitmen organisasi sebesar 59,4% ditentukan oleh persepsi terhadap komunikasi atasan kepada bawahan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10424
Deposited By:Soetarto
Deposited On:10 May 2010 10:54
Last Modified:10 May 2010 10:54

Repository Staff Only: item control page