INTENSI MEMBELI PAKAIAN DITINJAU DARI KESESUAIAN SELF IMAGE DENGAN ATRIBUT PRODUK PADA SISWA SMU NEGERI 1 DAN SMU NASIONAL KARANG TURI SEMARANG

Indrawati, I Gst. Ayu (2007) INTENSI MEMBELI PAKAIAN DITINJAU DARI KESESUAIAN SELF IMAGE DENGAN ATRIBUT PRODUK PADA SISWA SMU NEGERI 1 DAN SMU NASIONAL KARANG TURI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
15Kb

Abstract

ABSTRAK Pembelian pakaian merupakan hal yang sangat vital bagi para remaja karena pakaian merupakan produk sangat penting bagi pengekspresikan diri. Pilihan yang tepat akan menghasilkan harga diri yang meningkat dan penghargaan dari teman-teman (Taylor dan Cosenza, 2002, hal. 395). Pilihan remaja sangat tergantung dari persepsinya terhadap atribut pakaian. Secara luas dipercaya bahwa konsumen berusaha untuk menyesuaikan self imagenya dengan memilih produk dan merek yang sesuai dengan gambaran dirinya serta menghindari produk yang tidak menggambarkan dirinya sama sekali (Sciffmann dan Kanuk, 2000 hal. 113). Para peneliti telah membedakan beberapa self image, antara lain: (a) aktual self image; (b) ideal self image; (c) sosial self image; (d) ideal sosial self image; (e) expected self image(Sciffman dan Kanuk, 2000, hal 113). Penelitian ini ingin membuktikan apakah kecocokan antara self image dengan atribut produk dapat mempengaruhi intensi membeli pakaian pada remaja. Selain itu penelitian ini ingin mengetahui self image mana yang paling sering digunakan konsumen khususnya remaja, ketika ia ingin membeli pakaian. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang remaja putri yang bersekolah di SMU Negeri 1 Semarang dan SMU Nasional Karang Turi dengan menggunakan skala intensi membeli pakaian yang terdari 3 sub skala, terdiri dari 28 aitem dengan α= 0,805 dan skala kesesuaian antara self image dengan atribut produk yang berbentuk skala deferensial semantik. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan kesesuaian antara self image dengan atribut produk dengan intensi membeli pakaian adalah uji statistik non parametrik teknik korelasi Spearman. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kesesuan self image dengan atribut produk dengan intensi membeli pakaian yang ditunjukkan oleh angka korelasi rxy=0,227 hingga rxy = 0.408 dengan p = 0,012 hingga p= 0,000 (p<0,05), sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa kesesuaian self image dengan atribut produk mempengaruhi intensi membeli dapat diterima Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesesuian self image dengan atribut produk dengan intensi membeli pakaian siswa SMA Negeri 1 Semarang dan SMU Nasional Karang Turi. Hubungan antara kedua variabel tersebut berarti bahwa semakin tinggi kesesuaian self image dengan atribut produk maka intensi membeli pakaian semakin tinggi. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa intensi membeli pakaian pada siswa SMU Negeri 1 Semarang dan SMU Nasional Karang Turi lebih dipengaruhi oleh ideal self imagenya untuk pakaian 1 dan aktual self image untuk pakaian 2. Kata kunci : image, self image, atribut produk, intensi membeli pakaian, kesesuaian self image dengan atribut produk.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10399
Deposited By:Soetarto
Deposited On:10 May 2010 09:51
Last Modified:10 May 2010 09:51

Repository Staff Only: item control page