Tedjosaputro , Liliana (2001) ANALISIS BAURAN PEMASARAN KAITANNYA DENGAN KEPUASAN KONSU MEN SEBAGAI DASAR PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN JASA HUKUM (Studi Kasus pada Kantor Notaris / PPAT Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH.). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO .
| PDF - Published Version 1973Kb |
Abstract
ABSTRACT Law Service, especially Notary Law Service is classified as Business Service in the business world. Management classify the Law Service as one of Non-Profit Organization. The Management research about the management problem which happened in Law Service Area could be said very rare. Whereas the competition level in the Notary Law Service Business is so tight. A Notary Law Service is very important in the Business World because the society really need the Notary Law Service. Based in this reality, the management researches in the Notary Law Service is needed by Management to support the development of Management and Notary Law Service Business. Starting from the decreasing of client at The Notary Office of Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH, and the Notary Law Service Business which getting increased, the research of Magister Management Thesis of Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH discuss about The Analysis of Marketing Mixture Related with The Customer Satisfaction as the Basic in Determining the Strategy of Law Service Marketing at the Notary Office of Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH. According to the code of ethics of Notary, the Notary Law Service is not allowed to do the marketing activity. But because the competition which getting tight, the management at the Notary Office of Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH is trying to do some management improvement by doing a research about The Analysis of Marketing Mixture Related with The Customer Satisfaction as the Basic in Determining the Strategy of Law Service Marketing which covered promotion, product, price, place and service. The NotaryOffice of Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MN consequently obey the code of ethics of Notary for not doing the marketing activities. In spite of that the management of the Notary Office of Dr. Liliana Ted josaputro, SH, MEI must know their customers satisfaction against service, price, place, product and promotion which done from mouth to mouth between the clients. From the research done by using 43 clients as the respondent, using the questionnaire and using Chi-Square analysis, it can be concluded that the customer satisfaction have a significant relation against the marketing mixture, that is promotion which done from mouth to mouth, price, place, product of law service and service at the Notary Office of Dr. Miami Tedjosaputro, SH, MH. The management at the Notary Office of Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MN must concern about the marketing mixture which has been done so far and doing some improvements and service perfection, price, product of law service, place of the Office which can be considered as the factors affecting the promotion from mouth to mouth. ABSTRAKSI Jasa Hukum, khususnya Jasa Hukum Notaris, dalam dunia usaha dikelompokkan kedalam Usaha Jasa. Ilmu Manajemen mengelompokkan Jasa Hukum sebagai salah satu Organisasi Nir-Laba. Penelitian dibidang Manajemen yang mengungkap permasalahan Manajemen yang terjadi pada Bidang Jasa Hukum dapat dikatakan agak jarang. Padahal tingkat persaingan pada Usaha Jasa Hukum Notaris demikian ketat. Jasa Hukum Notaris memang sangat diperlukan karena merupakan pelengkap Dunia Bisnis sehingga dapat dikatakan bahwa kebutuhan masyarakat akan Jasa Hukum Notaris sangat tinggi. Dengan melihat kenyataan tersebut maka penelitian-penelitian manajemen Jasa Hukum Notaris sangat diperlukan oleh Bidang Ilmu Manajemen guna menopang pengembangan Ilmu Manajemen itu sendiri dan Dunia Bisnis Usaha Jasa Notaris. Berangkat dari permasalahan menurunnya jumlah klien pada Kantor Notaris Dr. Liliana Tedjosaputro, SR. MR dan ditengah semakin meningkatnya Usaha Jasa Hukum Notaris, penelitian untuk Tesis Magister Manajemen Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MR, tentang Analisis Bauran Pemasaran Kaitannya Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran Jasa Hukum pada Kantor Notaris Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH. Menurut ketentuan kode etik Notaris, Jasa Hukum Notaris sama sekali tidak diperbolehkan melakukan kegiatan segala macam bentuk pemasaran. Tetapi dengan semakin ketatnya persaingan pada Usaha Jasa Hukum Notaris, manajemen pada Kantor Notaris Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MR berusaha melakukan perbaikan manajemen dengan cara melakukan penelitian tentang Analisis Bauran Pemasaran Kaitannya DenganKepuasan Konsumen Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran Jasa Hukum yang mencakup promosi, produk, harga, lokasi dan pelayanan. Kantor Notaris Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MN konsekwen mentaati ketentuan kode etik Notaris sehingga sama sekali tidak melakukan usaha-usalia marketing. Walaupun demikian manajemen Kantor Notaris Dr. Liliana barns mampu mengetahui kepuasan konsumennya terhadap pelayanan, tarif atau harga, lokasi, produk dan promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut diantara para klien. Dan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan 43 klien sebagai responden, menggunakan metode daftar pertanyaan dan dilakukan analisis dengan menggunakan analisis Chi-Square maka disimpulkan bahwa kepuasan konsumen memiliki hubungan yang signifikan terhadap bauran pemasaran yaitu promosi yang dilakukan dari mulut-kemulut, harga atau tarif, lokasi, produk jasa hukum dan pelayanan pada Kantor Notaris Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MI-I. Sehingga manajemen pada Kantor Notaris Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MN harus memperhatikan bauran pemasaran yang selama ini dilakukan dan melakukan perbaikan dan penyempurnaan pelayanan, harga atau tarif, produk jasa hukum, lokasi Kantor yang kesemuanya dapat menjacli faktor yang mempengaruhi promosi dari mulut ke-mulut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 10397 |
Deposited By: | Ms upt perpus3 |
Deposited On: | 10 May 2010 09:44 |
Last Modified: | 10 May 2010 09:44 |
Repository Staff Only: item control page