HUBUNGAN ANTARA CITRA PRODUK SABUN MANDI LIFEBUOY DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KRAMAS TEMBALANG

Huroh, Masqiyatul (2006) HUBUNGAN ANTARA CITRA PRODUK SABUN MANDI LIFEBUOY DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KRAMAS TEMBALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
7Kb

Abstract

ABSTRAK Sabun mandi lifebuoy merupakan salah satu sabun mandi kesehatan. Sabun mandi lifebuoy masih bertahan di tengah-tengah persaingan antara sabun mandi kesehatan dan sabun mandi biasa lainnya. Hal ini terbukti dengan adanya penghargaan yang diberikan oleh Frontier dan majalah marketing. Kondisi demikian dapat mendukung untuk membangun citra sabun mandi lifebuoy di mata konsumen. Citra produk adalah gambaran-gambaran, kesan-kesan, dan keyakinan-keyakinan yang dimiliki oleh konsumen terhadap produk, termasuk didalamnya adalah persepsi yang didasarkan pada sensasi dari rangsangan yang berkaitan dengan produk yang diterima melalui kelima indera. Citra produk ternyata dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang konsumen terhadap kinerja aktual produk setelah pengkonsumsian, dimana kinerja aktual produk tersebut sama atau melebihi dari harapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra produk sabun mandi lifebuoy dengan kepuasan konsumen. Alat ukur penelitian ini menggunakan skala citra produk dengan 21 aitem (• = 0,8873) dan skala kepuasan konsumen dengan 41 aitem (• = 0,9535). Popuasi penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga yang menggunakan sabun mandi lifebuoy di Kelurahan Kramas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive, dengan jumlah subyek 33 orang. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program komputer Statistical Packages for Social Science versi 10.0. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai korelasi rxy = 0,875 signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara citra produk sabun mandi lifebuoy dengan kepuasan konsumen. Semakin positif citra suatu produk maka semakin tinggi kepuasan konsumennya, begitu pula sebaliknya semakin negativ citra suatu produk semakin rendah kepuasan konsumennya. Efektifitas regresi (R squere) sebesar 0,616, hal ini berarti bahwa citra produk memberi sumbangan efektif sebesar 61,6% pada kepuasan konsumen. Sisanya sebesar 38,4% ditentukan oleh factor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10389
Deposited By:Soetarto
Deposited On:07 May 2010 18:59
Last Modified:07 May 2010 18:59

Repository Staff Only: item control page