HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP SISTEM BAGI HASIL DENGAN INTENSI MENABUNG DIBANK SYARIAH PADA NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk KANTOR CABANG PATTIMURA SEMARANG

Silvia, Eno (2006) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP SISTEM BAGI HASIL DENGAN INTENSI MENABUNG DIBANK SYARIAH PADA NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk KANTOR CABANG PATTIMURA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bank syariah mengalami pertumbuhan yang pesat tetapi fenomena tersebut tidak diikuti oleh intensi masyarakat untuk menggunakan jasa bank syariah. Kondisi tersebut menuntut perusahaan untuk memahami perilaku konsumen. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen adalah persepsinya, dalam hal ini persepsi terhadap sistem bagi hasil yang merupakan ciri khas bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi tehadap sistem bagi hasil dengan intensi menabung dibank syariah pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Pattimura Semarang. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah yang berusia 31-50 tahun dan penghasilan diatas Rp. 1.000.000,00. Jumlah subjek uji coba sebanyak 35 nasabah dan jumlah subjek untuk penelitian 100 nasabah. Alat ukur penelitian menggunakan skala persepsi terhadap sistem bagi hasil dengan 42 aitem ( α = 0,962 ) dan skala intensi menabung dibank syariah dengan 43 aitem ( α = 0,967 ). Kedua skala tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 12.0. Berdasarkan hasil analisis data dengan teknik regresi sederhana diperoleh skor rxy = 0,914 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap sistem bagi hasil dengan intensi menabung dibank syariah. Semakin positif persepsi terhadap sistem bagi hasil, maka semakin tinggi intensi menabung dibank syariah. Sebaliknya semakain negatif persepsi terhadap sistem bagi hasil, maka intensi menabung dibank syariah semakin rendah. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,835 berarti bahwa persepsi terhadap sistem bagi hasil memiliki sumbangan efektif sebesar 83,5% terhadap intensi menabung dibank syariah. Sisanya sebesar 16,5% ditentukan oleh faktor lain yaitu sikap terhadap perilaku, norma subyektif , dan persepsi terhadap kontrol perilaku.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10388
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2010 18:41
Last Modified:07 May 2010 18:41

Repository Staff Only: item control page