HUBUNGAN ANTARA KEBERAGAMAAN DENGAN INTENSI PROSOSIAL TERHADAP KORBAN BENCANA GEMPA BUMI YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH PADA MAHASISWA MUSLIM PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Andromeda Achmad, Astri (2007) HUBUNGAN ANTARA KEBERAGAMAAN DENGAN INTENSI PROSOSIAL TERHADAP KORBAN BENCANA GEMPA BUMI YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH PADA MAHASISWA MUSLIM PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
11Kb

Abstract

ABSTRAK Intensi prososial adalah niat dan kecenderungan individu untuk berperilaku prososial yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong orang lain, tanpa memperhatikan motif penolongnya. Perilaku prososial diduga dipengaruhi oleh keberagamaan individu, yaitu sikap dan perilaku seseorang yang meyakini, membenarkan dan melaksanakan ajaran agamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keberagamaan dengan intensi prososial terhadap korban bencana gempa bumi pada mahasiswa Muslim Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Sampel penelitian berjumlah 144 orang, dengan karakteristik mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro meliputi pria dan wanita, beragama Islam. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Skala Intensi Prososial yang berjumlah 32 aitem (α=0,9020) dan Skala Keberagamaan yang berjumlah 37 aitem (α=0,9044). Berdasarkan hasil analisis data dengan metode Spearman Rank Correlation diperoleh koefisien korelasi rho sebesar 0,542 dengan p=0,000 (p<0,01). Nilai tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara keberagamaan dengan intensi prososial terhadap korban bencana gempa bumi Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sumbangan efektif (R Square) dalam penelitian ini adalah sebesar 0,294 artinya intensi prososial 29,4% ditentukan oleh keberagamaan, sedangkan sisanya sebesar 70,6% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10386
Deposited By:Soetarto
Deposited On:07 May 2010 17:16
Last Modified:07 May 2010 17:16

Repository Staff Only: item control page