STUDI DESKRIPTIF ADVERSITY QUOTIENT (AQ) REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI SEMARANG

Amliati, Wa Ode (2007) STUDI DESKRIPTIF ADVERSITY QUOTIENT (AQ) REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
6Kb

Abstract

ABSTRAK Adversity Quotient (AQ) adalah ukuran atau standar yang dipakai untuk menentukan tingkat kemampuan seseorang dalam menghadapi dan bertahan terhadap kesulitan hidup dan tantangan yang dialami. Kemampuan menghadapi semua kesulitan tersebut sebagai suatu proses untuk mengembangkan diri, potensi, dan mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan profil AQ remaja berdasarkan skor AQ yang dicapai dan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi remaja tipe quitter, camper, dan climber. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja pelajar SMA, baik negeri maupun swasta sebanyak 447 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah two stage cluster sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan skala Adversity Quotient (AQ) sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian tentang Adversity Quotient ini menunjukkan bahwa sebanyak 344 orang memiliki AQ sedang atau bertipe camper, 102 orang memiliki AQ tinggi (tipe climber), dan 1 orang memiliki AQ rendah (tipe quitter). Rata-rata skor Adversity Quotient (AQ) sampel adalah 222,85, dengan mean dimensi control yaitu 62,56, dimensi origin & ownership 60,57, reach 48,91 dan endurance 50,81. Berdasarkan distribusi frekuensi skor sampel penelitian pada tiap dimensi AQ, quitter memiliki skor Origin & Ownership (O2) yang dominan dibanding skor Control (C),Reach (R) dan Endurance (E); camper memiliki skor Control dan Origin & Ownership yang dominan dibanding skor Reach (R) dan Endurance (E); dan climber memiliki skor paling tinggi dibanding tipe quitter dan camper dengan skor dominan pada dimensi Control (C).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:10385
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2010 17:11
Last Modified:07 May 2010 17:11

Repository Staff Only: item control page