Efektifitas Alat Permainan Edukatif Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Berdasarkan DDST

Pramono, Wijanarko Heru (2008) Efektifitas Alat Permainan Edukatif Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Berdasarkan DDST. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
106Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Perkembangan anak mencapai puncaknya sampai berumur 4-5 tahun. Salah satu test skrening terhadap kecurigaan gangguan perkembangan adalah Denver Development Screning Test (DDST). Melalui bermain anak dapat melewati tahap-tahap perkembangan. Untuk mengoptimalkan perkembangan motorik halus diperlukan Alat Permainan Edukatif (APE), salah satunya adalah Puzzle. Penelitian ini untuk mengetahui efektifitas alat permainan edukatif APE puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun berdasarkan DDST di Taman kanak–kanak Desa Kemiri, menggunakan pendekatan penelitian quasi eksperimen dengan metode nonequivalent time sample design. Responden berjumlah 35 anak diberikan puzzle bergambar gajah, rumah dan robot kemudian diamati . Hasil penelitian menggunakan uji Run menunjukkan perbedaan hasil pengamatan pada saat pre-test (p value = 0,386), post-test1 (p value = 0,238), post-test2 (p value = 0,870) dan post-test3 (p value = 1,000). Puzzle gambar gajah kurang efektif dibandingkan puzzle gambar rumah dan robot. Disarankan permainan edukatif puzzle diberikan pada anak usia 4-5 tahun dengan tingkat kerumitan gambar yang bervariasi dan dikombinasikan dengan jenis permainan edukatif yang lainnya yang memiliki asosiasi dengan manusia tetapi disukai oleh anak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10348
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:45
Last Modified:07 May 2010 10:45

Repository Staff Only: item control page