Efektivitas aroma terapi rose dalam mengatasi dismenore pada remaja putri di pondok pesantren Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang

Riniasih, Wahyu (2008) Efektivitas aroma terapi rose dalam mengatasi dismenore pada remaja putri di pondok pesantren Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
88Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Dismenore adalah kram, nyeri dan ketidaknyamanan lainnya yang dihubungkan dengan menstruasi. Salah satu intervensi untuk mengatasi nyeri dismenore adalah menggunakan metode ralaksasi dengan aroma terapi rose Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi skala nyeri dismenore pada remaja putrid dan efektifitas aroma terapi rose untuk mengatasi dismenore sebelum dan sesudah diberikan aroma terapi rose Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan design one group pre and post tes design without group control. Teknik Purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel dan t-test statistik untuk menguji efektivitas aroma terati rose. Data skala nyeri diperoleh dengan mengisi lembar observasi yang berisi interval skala nyeri 1-10. Responden terbanyak adalah usia remaja madya yaitu 56,4%. Karakterisktik nyeri dismenore memiliki reponden terbanyak sebelum diberikan terapi aroma rose dalam skala nyeri sedang adalah sebesar 52,7%. Sedangkan sesudah diberi aroma terapi rose intensitas nyeri yang terbanyak adalah nyeri ringan yaitu 61,8%. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan secara bermakna antara intensitas nyeri dismenore sebelum dan sesudah diberikan aroma terapi rose dengan p value 0.000 dan t hitung 16.298. Aroma terapi rose terbukti efektive untuk menurunkan dismenore.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10346
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:42
Last Modified:07 May 2010 10:42

Repository Staff Only: item control page