Analisis Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Sehat Wanita Pekerja Seks Terhadap Upaya Pencegahan IMS-HIV/AIDS Di Resosialisasi Tegalrejo-Ungaran

Setyowati, Tri Sakti (2008) Analisis Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Sehat Wanita Pekerja Seks Terhadap Upaya Pencegahan IMS-HIV/AIDS Di Resosialisasi Tegalrejo-Ungaran. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
96Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Banyak faktor penghambat upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS yang jumlah kasus maupun luas persebarannya semakin meningkat di Indonesia sejak tahun 1994. Kesulitan ekonomi menambah jumlah mereka yang menjalani kehidupan melalui kegiatan yang berisiko, dimana sebagian besar adalah perempuan muda yang tidak berdaya dan pada akhirnya wanita pekerja seks menjadi pilihan terakhir mereka. Sementara upaya untuk mencegah penularan IMS belum memperlihatkan hasil yang menggembirakan, kini penularan HIV/AIDS di kalangan mereka sangat besar dan . sectional dan uji korelasi Rank Spearment. Bertujuan untuk memperoleh distribusi frekuensi dari variabel yang dicari dan kemungkinan korelasinya. Pengambilan responden dilakukan secara accidental sampling di resosialisasi Tegalrejo kota Ungaran dengan kriteria inklusi : perempuan umur 15-35 tahun, lama bekerja sebagai WPS yaitu = 1 bulan-1 tahun, dapat membaca dan menulis, bersedia menjadi responden, serta WPS yang belum terkena IMS dan HIV/AIDS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor umur, tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, sikap dan program pendampingan berhubungan dengan perilaku hidup sehat Wanita Pekerja Seks (WPS) di resosialisasi Tegalrejo kota Ungaran dimana masing-masing faktor menunjukkan korelasi positif (p value < 0.05). Dari sekian banyak variabel yang dianggap mempengaruhi perilaku hidup sehat WPS, disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat diketahui lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap perilaku hidup sehat WPS.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10342
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:35
Last Modified:07 May 2010 10:35

Repository Staff Only: item control page