Hubungan Pengetahuan Siswa Sebelum Dengan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Bahaya HIV/AIDS Di SMP Eka Sakti Semarang

Tahirudin, - (2008) Hubungan Pengetahuan Siswa Sebelum Dengan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Bahaya HIV/AIDS Di SMP Eka Sakti Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
91Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Pengetahuan remaja terhadap masalah kesehatan reproduksi masih relatif rendah. Cepatnya penularan virus HIV/AIDS dikalangan remaja disebabkan karena pada periode ini remaja merasa tubuhnya kuat, segar, atau tak akan terkena penyakit apapun. Pada hal, masa remaja memiliki fase puncak emosionalitas dan cenderung untuk mengumbar berbagai nafsu dan energi yang meluap-luap. Akibatnya kualitas perkembangan remaja tidak sehat baik fisik maupun rohani. Penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif Pra eksperimental yaitu dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan sebanyak 54 responen. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh bahwa 54 responden, sebagian besar karakteristik responden adalah 28 orang berjenis kelamin perempuan, 29 responden berada pada rentang usia 14 tahun untuk karakteristik usia, 26 responden ditemukan berpengetahuan rendah untuk karakteristik pengetahuan. Terdapat perubahan tingkat pengetahuan pada eksperimen yang diberi pendidikan kesehatan dan tidak. Sebelum diberi pendidikan kesehatan sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan rendah sebesar 48.1 % setelah diberi pendidikan kesehatan tentang bahaya HIV/AIDS, tingkat pengetahuan responden meningkat menjadi sebesar 87.0 %. Untuk melaksanakan program pencegahan meningkatnya angka kejadian penyakit HIV/AIDS khususnya pada pelajar dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan di sekolah-sekolah, dengan materi dan metode yang bervariasi seputar bahaya HIV/AIDS ataupun dengan metode yang lebih intensif seperti bimbingan konseling.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10336
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:27
Last Modified:07 May 2010 10:27

Repository Staff Only: item control page