Pengaruh terapi musik terhadap penurunan intensitas nyeri pada klien Ca Nasofaring di Ruang Rawat Inap B2 THT RSUP Dokter Karyadi Semarang

Suratmini, - (2008) Pengaruh terapi musik terhadap penurunan intensitas nyeri pada klien Ca Nasofaring di Ruang Rawat Inap B2 THT RSUP Dokter Karyadi Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
107Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Ca Nasofaring merupakan keganasan yang mempunyai 7 lapredisposisi rasial yang mencolok. Nyeri adalah alasan utama seseorang untuk mencari bantuan perawatan kesehatan. Nyeri sangat mengganggu dan menyakitkan lebih banyak orang dibandingkan dengan suatu penyakit manapun. Terapi musik adalah penggunaaan musik sebagai peralatan terapis untuk memperbaiki, memelihara, mengembangkan mental fisik dan emosi. Penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif pra experiment tipe pre pasca test yaitu dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan sebanyak 20 responen. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh bahwa 20 responden, sebagian besar karakteristik usia 50-59 tahun yaitu 8 (40%) responden, pendidikan SD yaitu 9 (45%) responden, sebagian besar terapi modalitas yang diberikan adalah kemoterapi, radiasi, dan operasi yaitu 12 (60%) responden, sebelum diberi terapi musik, sebagian besar responden memiliki intensitas nyeri berat yaitu 12 (60%) responden. Sesudah diberi terapi musik, yang memiliki intensitas nyeri berat menurun menjadi 2 (10%) responden. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian terapi musik dengan intensitas nyeri. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pair Test dengan tingkat kesalahan (alpha) 0.05 diperoleh hasil sebesar –3.384 dengan probability sebesar 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa p value-nya < 0,05 berarti Ho ditolak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10335
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:25
Last Modified:07 May 2010 10:25

Repository Staff Only: item control page