Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Perawat Dalam Melakukan Tindakan Sitostatika Di Rumah Sakit Roemani Semarang“

Sriwati, - (2008) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Perawat Dalam Melakukan Tindakan Sitostatika Di Rumah Sakit Roemani Semarang“. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
93Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Sitostatika merupakan segolongan obat yang dapat menghambat pertumbuhan kanker bahkan ada yang dapat membunuh sel kanker. Bahaya yang ditimbulkan akibat terpapar obat sitostatika dapat terjadi mual, muntah, pusing, allopesia, ulserasi mukosa hidung, dan menunjukkan aktifitas mutagenik pada urin perawat. Belum sepenuhnya perawat mengetahui tentang sitostatika dan masih terlihat ketidakpedulian perawat dalam mengelola obat sitostatika serta kurangnya pengetahuan perawat tentang bahaya, efek samping, dan seringnya terpapar obat sitostatika serta belum tersedianya alat perlindungan diri yang sesuai standart dalam pemberian sitostatika maka hal ini yang mungkin menyebabkan kecemasan pada perawat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat yang bekerja di Rumah Sakit Roemani Semarang yang berjumlah 250 orang yang diambil dengan tehnik purposive sampel. Data yang terkumpul dianalisa dengan memakai skala ordinal. Tingkat pengetahuan responden tentang sitostatika sebagian besar dalam kategori cukup yaitu 42 responden (84 %), 6 responden (12 %) dalam kategori pengetahuan baik dan 2 responden (4 %) dengan dalam kategori tingkat pengetahuan kurang. Tingkat kecemasan responden tentang sitostatika sebagian besar mengalami tingkat kecemasan ringan yaitu 32 (64%) orang, dan 12 (24%) orang mengalami tingkat kecemasan sedang. Hubungan antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan dalam melakukan tindakan sitostatika menunjukkan bahwa mayoritas responden dengan tingkat pengetahuan cukup menimbulkan kecemasan ringan yaitu 32 responden (64%) sedangkan 12 responden (24%) dengan tingkat pengetahuan cukup menimbulkan kecemasan sedang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:10329
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 May 2010 10:13
Last Modified:07 May 2010 10:13

Repository Staff Only: item control page